Relawan Paslon Ngaku Intel Diamankan Polres Batu

JawaPos.com – Seorang warga Karangploso, Kabupaten Malang berinisial AP, 31 diamankan oleh Polres Batu, Rabu (17/4). Lelaki yang mengaku sebagai intel Polres Batu itu diduga mengarahkan masyarakat agar mencoblos salah satu paslon Pilpres 2019.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto mengatakan, pihaknya masih meminta keterangan AP. “Pelaku sudah ditangkap dan masih dalam pendalaman,” kata Budi.

Petugas keamanan TPS 22 di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengamankan AP sekitar pukul 09.00 WIB. AP diamankan karena mengaku anggota intel Polres Batu. Selain itu, AP juga diduga mengarahkan masyarakat untuk memilih paslon 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. “Kasus ini masih didalami Gakkumdu (gabungan penegakan hukum terpadu, Red),” imbuhnya.

AP sebelumnya juga diketahui telah melakukan perusakan segel kotak suara di wilayah TPS 27 Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Perbuatannya tersebut disaksikan langsung oleh petugas TPS.



Perusakan segel kotak suara tersebut dilakukan dengan dalih memeriksa surat suara. Saat berada di TPS 27, pelaku sempat di tegur oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) karena memegang logistik pemilu. Namun di TPS 22, pelaku belum sempat memegang logistik pemilu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rochman membenarkan adanya tangkapan tersebut. Namun, dari hasil pemeriksaan sementara, AP mengaku bahwa dirinya adalah relawan salah satu paslon. Pihaknya pun telah menyerahkan kasus ini pada pihak kepolisian. “Kami telah berkoordinasi dengan Gakkumdu untuk melakukan pemeriksaan atas gangguan kekacauan yang diperbuat,” tuturnya.