Relawan melakukan aksi bubuhkan tanda tangan di kediaman Moh Anton.

AKSI SIMPATI: Relawan Moch Anton menggelar aksi simpati dengan membubuhkan tanda tangan di depan kediaman Anton, Selasa (27/3) malam.
(fisca tanjung/jawapos.com)

RADAR MALANG ONLINE – Puluhan relawan berkumpul di depan kediaman calon Wali Kota Malang nomor urut 2 Moch Anton di jalan Tlogo Indah, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Selasa (27/3) malam. Mereka menggelar aksi tanda tangan sebagai simpati kepada Anton setelah resmi ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kain putih sepanjang 15 meter membentang di depan halaman rumah Anton. Beberapa orang pun bergiliran membubuhkan tanda tangan dengan menggunakan spidol. Tidak hanya warga sekitar rumah Anton saja, tetapi masyarakat yang kebetulan lewat pun tidak sedikit yang kemudian berhenti dan ikut tanda tangan.

Relawan aksi simpati, Udin Muharto mengatakan, aksi ini merupakan acara spontanitas. Dia mengaku, dirinya baru mengetahui adanya berita penahanan Anton sekitar pukul 19.00. “Abah (sapaan akrab Moch Anton) ditetapkan dan pakai rompi warna orange,” ujarnya pada RADAR MALANG ONLINE, Selasa (27/3) malam.



Dia mengatakan, aksi ini sebagai bentuk loyalitas para pendukung Anton. “Sampai hari ini tetap loyal. Yakin abah tidak bersalah,” serunya. Menurutnya, Anton merupakan sosok ahli sodakoh. Bahkan, lanjut dia, Anton juga baru saja memberangkatkan 15 jamaah tahlil dari tiap kampung di Malang Kota pada hari ini (27/3).

Dia mengatakan, dari aksinya ini, selanjutnya pihaknya akan membawa dukungan tersebut ke Jakarta langsung. “Nanti akan bawa ke Jakarta. Secepatnya,” kata dia. Dia mengatakan, ketika disana nanti pihaknya tidak akan melakukan demo, tetapi hanya sekedar menyampaikan dukungan moral ke KPK.

Para relawan berkumpul memberikan aksi simpati pada Calon Wali Kota Malang no urut 1, Moch Anton, Selasa (27/3)
(fisca Tanjung/jawapos.com)

“Intinya, tidak demo. Tapi sampaikan dukungan moral ke KPK. Agar kaji ulang keputusan yang sudah ditelorkan. Kami yakin itu bukan keputusan finish,” paparnya. Selama 20 hari kedepan, pihaknya akan secara bergelombang mengirimkan dukungan ke Jakarta.

Selain di kediaman Anton, aksi simpati ini juga digelar di lima titik lainnya. Yakni di Kampung biru arema, Sawojajar, AMC (anton mania community), jalan Muharto, dan kantor PKB. Rencananya, penggalangan ini akan terus dilakukan selama 20 hari kedepan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Moch Anton ditahan oleh penyidik KPK bersama dengan 6 tersangka lainnya. Anton sendiri ditahan di Rutan Klas 1 Jakarta Timur cabang KPK yang berlokasi di Pomdam Jaya Guntur. (fis)


(fis/JPC)