Rektor Baru ITN Malang Lanjutkan Visi Rektor Lama

Rektor baru ITN Malang Dr Ir Kustamar diapit Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edy Jarwoko (kopyah hitam) dan Ketua LLDIKTI Dr Ir Soeprapto

KOTA MALANG – Menandai 50 tahun Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang di tahun 2019 ini, pergantian rektor dilakukan. Dr. Ir. Kustamar MT resmi meneruskan tongkat estafet jabatan rektor yang sebelumnya diisi oleh Dr. Lalu Mulyadi MT.

Kustamar menyebut pergantian ini layaknya permainan sepak bola. Di mana sebuah tim pasti membutuhkan suatu penyegaran.

“Pergantian ini bukan karena yang dulu jelek
tapi penyegaran, jadi ini semacam strategi biar strateginya tidak bisa dibaca lawan,” sebut pria asal Blitar ini saat sesi sambutannya dilanjut tepuk tangan penonton.

Ia mengatakan sebuah perguruan tinggi bisa berhasil jika terus aktif melakukan sesuatu. “Disiplin itu menjadi hal utama,” paparnya.


Membocorkan sedikit akan visinya ke depan, ia berujar akan memperbanyak hal-hal yang kaitannya dengan penyelesainnya masalah di lapangan. Dirinya mengandaikan ada investor di bidang perusahaan industri yang mau bekerja sama dengan ITN Malang dalam hal magang mahasiswa.

“Kami harap blend antara keilmuan di dalam kampus dengan industri di dunia nyata, jika sudah seperti itu saya yakin mahasiswa kita lebih siap bekerja setelah lulus,” urai Kustamar.

Termasuk Pekerjaan Rumah (PR) yang sudah dibangun rektor lama dengan membangun masjid, chapel atau gereja hingga pura, Kustamar ingin meneruskan dengan cara menghidupkan suasana dan harmonisasinya.

“Saya harap bisa membuat suatu model kerukunan antar umat, dimana ITN yang penuh mahasiswa dari generasi muda dari berbagai budaya, suku dan agama ini bisa menjadi contoh model dan bisa dikembangkan di tempat lain,” tutupnya.

Pewarta : Elfran Vido
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Elfran Vido