Rekrutmen Pengawas TPS Diperpanjang

KOTA BATU – Pendaftaran pengawas TPS Pemilu 2019 sudah berakhir 21 Februari lalu. Hasilnya ada 583 pengawas yang terjaring. Jumlah itu diklaim Bawaslu Kota Batu masih kurang. Karena sesuai standar yang telah disusun mereka, Pemilu 2019 membutuhkan sekurang-kurangnya 757 pengawas. Dengan kondisi itu, Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rochman mengaku bakal membuka masa perpanjangan pendaftaran.

”Perpanjangan rekrutmen pengawas kami jadwalkan pada 25 (kemarin) hingga 27 Februari 2019,” kata dia. Penambahan pengawas menurut dia harus sesuai dengan potensi penambahan jumlah pemilih.

Seperti diketahui, dari hasil pencermatan yang dilakukan beberapa waktu lalu, diketahui ada 499 pemilih tambahan. Penambahan 3 TPS bakal dilakukan KPU Kota Batu. Satu TPS di Kecamatan Batu dan dua TPS di Kecamatan Junrejo.

”Dengan demikian, penambahan pengawas TPS juga harus dilakukan. Karena mengikuti jumlah penambahan TPS itu,” tambah Abdur. Lebih lanjut, dia menjelaskan, jumlah kekurangan pengawas tersebut cukup merata di 3 kecamatan. Di Kecamatan Batu, masih ada 254 orang, sementara kebutuhannya berjumlah 346 pengawas. Sementara di Kecamatan Junrejo masih ada 145 orang, dari total kebutuhan 174 pengawas.

Berikutnya, di Kecamatan Bumiaji hanya ada 184 orang dari 237 pengawas yang dibutuhkan. ”Jadi kami masih kekurangan 174 pengawas,” imbuhnya. Di samping membuka rekrutmen baru, pihaknya juga memerintahkan kepada panwascam untuk bergerak cepat. Salah satunya untuk melantik pengawas yang sudah terekrut.



Pewarta               : M.Badar Risqullah
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Bayu Mulya