Rekor Olahraga Sepanjang 2017

Lewis Hamilton menjadi salah satu sosok yang membuat catatan istimewa di 2017
(AFP)

JawaPos.com – Banyak hal dan kejadian menarik yang terjadi pada 2017 terutama di dunia olahraga secara umum. Banyak sejarah dan rekor dibuat sepanjang tahun ini.

Mungkin ada beberapa hal yang terlewatkan oleh para penggila olahraga dan RADAR MALANG ONLINE mencoba untuk merangkum beberapa rekor istimewa di dunia olahraga.

1. Superioritas Lewis Hamilton di Formula 1

Hamilton meraih gelar juara keempat F1 dan membuat rekor pole position
(AFP)

Hamilton benar-benar tampil luar biasa pada tahun 2017, Sempat ketat pada awal musim kala bersaing dengan Sebastian Vettel, konsistensi membuat Hamilton juara dengan nyaman.

Ini menjadi titel juara dunia keempatnya sepanjang karier. Bahkan bisa dibilang musim terbaik Hamilton karena dia memecahkan rekor untuk pole position terbanyak dalam satu musim yakni 11 kali.

2. Russell Westbrook, Raja Triple-double NBA

Russell Westbrook benar-benar tampil menggila sepanjang 2017

Russell Westbrook benar-benar tampil menggila sepanjang 2017
(AFP)

Sebelum kedatangan Paul George dan Carmelo Anthony, Oklahoma City Thunder memang sangat mengandalkan seorang Russell Wesbrook. Superioritas Westbrook sangat luar biasa hingga dia mendapat MVP NBA musim lalu.

Namun, hal paling menarik dari Westbrook adalah kemampuan dia yang sangat lengkap dan mampu melewati rekor pencatat triple-double terbanyak, Oscar Robertson. Jika Robertson membuat 41 triple-double, Westbrook mencatat 42 triple-double.

3. Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket

Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023

Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023
(Perbasi)

Sebuah catatan sejarah terukir pada dunia basket di Indonesia setelah Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA untuk tahun 2023 bersama Filipina dan Jepang.

Ini adalah untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah turnamen basket terbesar di dunia tersebut. Tak ayal, Indonesia diharapkan bisa memperlihatkan sesuatu yang spesial nantinya.

4. Atlet Tolak Peluru Pecahkan Rekor Asia

Atlet Tolak Peluru Indonesia dari ASEAN Para Games pecahkan rekor

Atlet Tolak Peluru Indonesia dari ASEAN Para Games pecahkan rekor
(Istimewa)

Indonesia patut berbangga ketika mereka meraih juara umum ASEAN Para Games 2017 dan salah satu prestasi paling memikat diraih oleh atlet Tolak Peluru, Suparni Yati.

Dia berhasil memecahkan rekor Asia saat meraih medali emas dengan catatan lemparan mencapai 11,03 meter. Mengalahkan rekor atlet Malaysia sebelumnya, Nursuhana binti Ramlan.

5. Roger Federer Kembali ke Puncak Performa

Roger Federer kembali ke puncak performa pada tahun 2017

Roger Federer kembali ke puncak performa pada tahun 2017
(AFP)

Roger Federer mungkin sempat hilang dari peredaran tenis dunia dan tak ada di peringkat teratas. Tapi, pada 2017 dia kembali mencapai prestasi istimewa.

Dia menjadi juara dua turnamen Grand Slam paling bergengsi yakni Australia Open dan Wimbledon. Sebuah bukti bahwa sosok berusia 36 tahun itu belum habis, bahkan mencatat rekor sebagai peraih Grand Slam terbanyak untuk nomor tunggal putra dengan 19 gelar.

6. Chris Froome Buat Sejarah di Dunia Balap Sepeda

Chris Froome bisa dibilang salah satu pembalap sepeda terbaik saat ini

Chris Froome bisa dibilang salah satu pembalap sepeda terbaik saat ini
(AFP)

Pembalap sepeda tim Sky, Chris Froome, membuat sejarah ketika menjadi pembalap sepeda pertama yang berhasil memenangi Tour de France dan La Vuelta secara berturut-turut dalam satu tahun.

Froome benar-benar tak bisa dihentikan dan tampil sempurna sepanjang kedua turnamen sepeda terbesar itu.

7. Mayweather Menghantam McGregor Tanpa Masalah

Mayweather benar-benar bikan tandingan dari McGregor

Mayweather benar-benar bikan tandingan dari McGregor
(AFP)

Jika ada pertarungan abad ini, jelaslah tinju antara sosok yang belum terkalahkan, Floyd Mayweather Jr melawan Juara UFC, Connor McGregor. Friksi kedua petarung sangat banyak terjadi.

Hingga akhirnya, Mayweather menunjukkan bahwa tinju adalah pertarungan sesungguhnya ketika mengalahkan McGregor dan membuat rekor 50 kemenangan dari 50 pertarungan. Bahkan Mayweather dikabarkan mendapat 300 juta dolar dari pertarungan ini.


(rap/JPC)