Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Tahun di Malang Raya (8)

Wisata Petik Apel yang Tak Kenal Musim

Lahan kebun apel di Desa Sidomulyo, Kota Batu, ini selalu dikunjungi wisatawan untuk wisata petik apel.

Berlibur di Kota Apel kurang jika tak mengunjungi wisata petik apel yang seakan tak mengenal musim. Tak hanya saat musim liburan, hari efektif pun banyak wisatawan yang menikmati wisata khas Kota Dingin ini.

Lihat saja pada wisata petik apel Agro Rakyat di lahan pertanian Desa Sidomulyo, Kecamatan Bumiaji. Setiap hari, ada saja wisatawan petik apel yang datang ke tempat wisata yang dikelola Suliyanto ini.

Biasanya, wisatawan yang menikmatinya antara 50–100 orang. Jumlah itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Para wisatawan biasanya transit di rest area Sidomulyo. Dari situ, kemudian mereka diantar ke kebun apel milik para petani menggunakan angkot. Terkadang juga, rombongan adalah komunitas yang menggunakan kendaraan sendiri.

Agro Rakyat bekerja sama dengan para petani pemilik lahan kebun apel. Jenis apelnya rome beauty dan manalagi. Karena itu, puluhan petani menjadi rekanan dari Agro Rakyat. Luasnya pun beda-beda. Mulai dari 800 meter persegi hingga 3.000 meter persegi. Untuk setiap pengunjung, tarif tiket masuknya Rp 25 ribu.

Wisatawan boleh makan apel sepuasnya. Nanti kalau mau membawa pulang, bisa membeli apel yang dipetik sendiri. Harganya Rp 25 ribu per kilogramnya.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Ahmad Yahya
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Darmono