Rekomendasi Belum Turun, BOPI Minta PT LIB Beresi Tunggakan Klub

JawaPos.com – RADARMALANG.ID – Rekomendasi BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) belum turun untuk Liga 1 2020. Namun, diperkirakan delapan hari sebelum kickoff atau pada 21 Februari nanti, sudah beres.

”Kami berharap semua proses rekomendasi berjalan lancar. Kami siap mempermudah, dalam artian memperlancar proses penerbitan rekomendasi supaya teman-teman PT LIB memiliki waktu untuk mempersiapkan kickoff,” ujar Ketua BOPI Richard Sam Bera setelah menggelar pertemuan dengan PT LIB di Kantor BOPI, Jakarta (13/2).

Mantan atlet renang nasional itu yakin PT LIB akan melengkapi semua dokumen yang diperlukan untuk keluarnya rekomendasi. Mengingat sempitnya waktu karena Liga 1 2020 akan dimulai pada 29 Februari, BOPI pun tidak meminta lagi data-data klub yang sama dengan musim sebelumnya.

Namun, BOPI masih memerlukan dokumen kelengkapan milik tiga klub promosi dari Liga 2 2019, yakni Persik Kediri, Persita Tangerang dan Persiraja Banda Aceh. ”Untuk tiga klub itu perlu dilengkapi,” tutur Richard.

Selain itu, BOPI juga menginstruksikan PT LIB untuk menuntaskan tunggakan kewajiban klub kepada pemain. BOPI tidak ingin situasi yang terjadi di klub Kalteng Putra, yang belum membayar gaji pemainnya untuk Liga 1 2019, tidak terselesaikan dan berlarut-larut.

”Bagian dari persyaratan, kan harus ada catatan penyelesaian tunggakan hak dan kewajiban dari klub kepada pemain. Itu kami sampaikan kepada LIB,” kata Richard.

Sementara Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri menegaskan bahwa pihaknya akan berupaya keras melengkapi semua persyaratan untuk rekomendasi.

Cucu menyebut LIB akan bersikap profesional dan memerhatikan semua hak dan kewajiban klub serta para pemain.

“Jangan sampai terjadi lagi kasus-kasus seperti sebelumnya. Nanti apa yang kurang akan kami lengkapi. Kami segera memproses ini karena tanpa rekomendasi BOPI kami tidak bisa menyelenggarakan Liga 1,” ujar pria yang juga menjabat wakil ketua umum PSSI tersebut.