Refleksi Islam Nusantara lewat Wayang

NGAJUM – Masih dalam suasana Hari Raya Idul Adha, Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang kemarin (25/8) melaksanakan sejumlah kegiatan. Ada penyembelihan hewan kurban dan istighotsah bersama yang dilangsungkan di Kampus II Unira Malang, Desa Palaan, Kecamatan Ngajum.

”Kami juga gelar kegiatan wayangan. Ini menyesuaikan dengan tiga pilar Unira Malang, yakni peace education, social enterprise, dan green technology,” kata Rektor Unira Hasan Abadi SAg MAP. Selain untuk merayakan Hari Raya Idul Adha, rangkaian kegiatan tersebut juga digelar untuk memperingati Dies Natalis ke-4 Unira.

Puncak acaranya yang dilangsungkan kemarin memang sengaja ditutup dengan pagelaran wayang. ”Pertunjukan wayang selain sebagai simbol kearifan lokal, juga berkaitan erat dengan nilai-nilai spiritualitas Islam Nusantara,” sambung Hasan. Sebagai simbol kebersamaan, daging kurban juga dibagi-bagikan Unira Malang pada masyarakat Desa Palaan. Warga di sekitar Kampus 1 Unira di Kepanjen juga mendapat bagian. (iik/c2/by)