Razia, Sasar Kendaraan Wisata Pelat Hitam

KOTA BATU – Mulai Selasa lalu (9/7), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu rutin menggelar razia gabungan bersama petugas Polres Batu di Jalan Sultan Agung Kecamatan Batu.

Sasaran utamanya yakni kendaraan angkutan umum dan wisata tanpa kelengkapan. Pengguna sepeda motor yang tak dilengkapi surat-surat administrasi juga turut disasar petugas.

Kasi Bina Operasi dan Pemeliharaan Dishub Kota Batu Nur Prihantono Wahyu Bintoro menjelaskan, razia tersebut dilakukan lantaran masih banyak trayek angkutan pariwisata yang tidak layak beroperasi.

Mulai dari habis masa berlakunya, hingga kendaraan pelat hitam yang digunakan sebagai angkutan pariwisata. ”Untuk kendaraan wisata kan seharusnya berpelat kuning. Nah, itu yang kami tertibkan sejak kemarin (Selasa),” kata dia.

Razia yang dimulai pukul 08.30 hingga 10.00 kemarin (10/7) mendapati adanya 15 kendaraan roda empat tanpa kelengkapan administrasi.



Jika ditotal selama dua hari, tercatat ada 35 kendaraan yang masuk kategori tidak layak beroperasi. Diketahui bila sebagian ada yang kelengkapan suratnya kurang. Ada pula yang tidak mengurus dan mengganti izin trayek wisata.

Dari total kendaraan yang terjaring itu, sedikitnya ada 6 kendaraan pelat hitam yang digunakan sebagai angkutan wisata.

”Bahaya kalau tidak diurus, kalau semisal terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, jadi sulit mengurusnya karena tidak layak jalan,” imbuh Nur. Sementara itu, Kanit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satlantas Polres Batu Ipda Hartawan menjabarkan bila ketidaklengkapan surat-surat berkendara masih mendominasi hasil razia.

”Ya seperti biasa, pengendara tidak membawa surat lengkap. Ada yang kami tahan kendaraannya, bagi yang tidak membawa helm ya kami tahan STNK-nya,” kata dia. 

Pewarta : Miftahul Huda
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Bayu Mulya