Rayakan HUT, SSB SIFC Gandeng Wali Atlet

KOTA BATU – Sekolah Sepak Bola (SSB) Stamford Indonesia Football Club (SIFC) punya cara yang berbeda dalam memperingati hari ulang tahunnya yang kedua. Selama dua hari, mulai kemarin (12/1) hingga hari ini (13/1), SSB SIFC menggelar kompetisi plus seminar untuk orang tua atau wali. Kompetisinya diikuti 21 tim dari berbagai kota Jawa Timur. Ada pula yang dari Semarang. Seluruh partai pertandingan digelar di Stadion Brantas Kota Batu.

Kompetisi itu dikhususkan untuk kelompok umur di bawah 15 atau maksimal kelahiran tahun 2003. Ada pula kelompok usia 13 atau kelahiran maksimal 2005. ”Tujuan kami adalah ingin mengembangkan anak-anak ke jalur profesional sedini mungkin,” terang ketua penyelenggara kompetisi, Arif Putranto. Kompetisi tersebut total memperebutkan tujuh trofi. Masing-masing kelompok usia diambil tiga juara. Ada tambahan trofi untuk pemain terbaik.

Kegiatan lainnya yang juga digelar adalah Football Parenting. ”(SSB) Stamford sendiri bukan hanya mencari menang saja, tetapi lebih membuka jalan ke arah profesional dengan character building,” sambung Arif yang juga pemilik SSB SIFC. Karakter yang dimaksudkannya yakni jago dan berani di lapangan, namun tetap rendah hati di luar lapangan.

Baginya, keterlibatan orang tua terhadap pendampingan calon atlet merupakan hal yang cukup penting. Penjabaran materi itu disampaikan Guntur S Nugroho, salah satu pegiat sepak bola di Indonesia. ”Mimpimu adalah keinginanmu, bukan keinginan anak-anakmu. Dampingilah untuk mewujudkan mimpinya (anak) sendiri,” terang Guntur. Dia berpesan pada para orang tua untuk menghilangkan persepsi jika sepak bola adalah soal kemenangan. ”Tumbuh kembang lah yang paling utama,” jelas dia. (msa/c1/by)