Rayakan HUT Kemerdekaan RI, Siswa SMP Kristen Kalam Kudus Lakukan Hal Ini

KOTA MALANG – SMP Kristen Kalam Kudus kota Malang punya cara tersendiri untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-74. Pagi tadi (16/8), SMP Kristen Kalam Kudus mengajak siswanya untuk bersih-bersih di sejumlah taman kota.

Di antaranya, di Hutan Kota Malabar dan Taman Merbabu. “Ini memang dalam rangka memperingati HUT RI ke 74. Kami ajak siswa untuk bersih-bersih taman,” tutur Kepala Sekolah SMPK Kalam Kudus, Ary Yuwanita ke radarmalang.id, Jumat (16/8).

Ary menjelaskan, kegiatan bersih-bersih ini diikuti 214 siswa, dari kelas VII, VIII, dan IX. Mereka memunguti daun-daun kering dan ranting yang berserakan. “Mereka juga membersihkan taman dari sampah plastik, juga mengelap tempat duduk,” ujar dia.

Seluruh peralatan, dibawa sendiri oleh siswa. “Sapu ijuk, cikrak dan ada juga yang lap itu anak-anak membawa sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ary mengatakan, lewat kegiatan ini, pihaknya ingin menanamkan rasa cinta terhadap tanah air. Juga mengajak siswa untuk lebih peduli terhadap lingkungannya.



“Kami lihat taman-taman ini banyak polusinya seperti sampah gitu. Kami bersihkan itu sebagai bentuk rasa cinta terhadap Indonesia. Ini juga untuk menumbuhkan kepedulian siswa akan lingkungan,” papar Ary.

Sementara itu, Federico Christiano, kelas 8 SMPK Kalam Kudus Tidar mengatakan, lewat kegiatan ini, dia jadi sadar betapa susahnya menjaga lingkungan. “Tadi nyapu sama-sama teman-teman. Ya aku nemuin banyak banget sampah,” kata dia.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Editor : Indra Mufarendra