Ratusan Beauty Enthusiast Beradu Skill Make Up Muslimah

KOTA MALANG – Sebanyak 140 peserta Make Up Competition hari ini (12/5) sibuk menyulap masing-masing modelnya dengan tema muslimah party look. Kompetisi ini digagas Duta Hijab Radar Malang dan merupakan rentetan dari gelaran Colorful Ramadan yang diadakan di Malang Town Square (Matos).

Setelah MC menjelaskan peraturan untuk kompetisi ini, peserta dipersilahkan memulai merias. Panitia menantang peserta dengan hanya memberi waktu 90 menit. Padahal, umumnya merias dilakukan dalam waktu 2 jam. Peserta pun terlihat cekatan dan sedikit tergopoh-gopoh mengoleskan foundation hingga sibuk dengan brush-nya.

Ratusan peserta terdiri dari perias sebanyak 70 orang dan model dengan jumlah yang sama. Ketua Paguyuban Duta Hijab Radar Malang, Khoirunnisa mengatakan bahwa kompetisi ini 90 persen diikuti oleh Make Up Artist (MUA) dan sisanya merupakan mahasiswi.

“Kemarin sebenarnya targetnya hanya 50 peserta, namun ternyata peserta membludak. Nggak nyangka sih, untungnya dari Inez Cosmestic menyediakan box make up sebanyak 30. Jadi satu box bisa digunakan sampai 3 orang,” terangnya.

Para peserta dinilai dari beberapa kriteria yang telah ditetapkan panitia, yakni dari teknik merias dan performance. Teknik merias ini sendiri melihat dari blending dan shading, riasan mata, riasan bibir, aplikaso brush dan highlighter, serta kerapihan aplikasi.



“kalau performance ini nanti dilihat secara keseluruhan model antara make up dan kostumnya. Jadi nanti model catwalk di atas panggung. Juri akan menilai mulai dari hijab, dress stylish, hingga kesesuaian antara make up look dengan dresscode muslimah,” paparnya.

Juri hari ini ada 3 orang yakni Nafil Apim, Rumania Azam, dan Beauty Consultant Inez Cosmetics, Murti. “Acara ini keren setiap tahun kalau bisa diadakan 2 kali dengan tema yang berbeda. Karena banyak MUA yang butuh wadah kayak gini. Ini aja liat pesertanya banyak MUA profesional, kereennn!,” ungkapnya Beauty Consultant Inez Cosmetics, Murti.

Akan ada 3 pemenang yang nantinya keluar sebagai juara. Masing-masing akan mendapatkan kan trophy, fresh money, goodie bag Inez Cosmetics, hingga souvenir dari Jawa Pos Radar Malang.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia