Rasakan Segarnya Sumber Air Wendit

PAKIS – Sumber air Wendit di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, tak hanya memasok air bersih yang melimpah bagi warga Kabupaten dan Kota Malang. Masyarakat pun bisa menikmati beragam wahana menarik yang terdapat di Taman Wisata Air Wendit. Di akhir pekan atau libur panjang, tempat ini masih jadi jujukan masyarakat.

Memang tidak ada wahana baru di destinasi wisata yang juga menjadi tempat tinggal ratusan kera tersebut. Manajer Taman Wisata Air Wendit Gunawan Purwadi menyatakan, beberapa wahana yang menarik perhatian pengunjung adalah kolam untuk anak-anak hingga dewasa. Selain itu, para pengunjung bisa menjajal wahana perahu yang bisa digunakan untuk mengelilingi kolam yang airnya terlihat sangat jernih itu. ”Anak-anak juga bisa menunggang kuda di sini,” terangnya.

Gunawan memaparkan, pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga Rp 15 ribu bagi orang dewasa, dan Rp 10 ribu bagi anak-anak. Harga tersebut berlaku untuk hari biasa. Sementara di akhir pekan dan hari libur, para wisatawan harus membayar tiket masuk seharga Rp 18 ribu untuk orang dewasa, dan Rp 12 ribu untuk anak-anak.

Diakui Gunawan, tingkat kunjungan wisatawan yang datang cederung menurun pada hari biasa. Pada hari-hari biasa, jumlah wisatawan sekitar 500 orang. Namun, bila memasuki musim liburan sekolah dan akhir pekan, jumlah pengunjung bisa mencapai 2.000 orang. Tempat wisata ini buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00. ”Minggu ini para pengunjung mengalami penurunan, tidak sebanyak minggu sebelumnya,” beber Gunawan.

Muzamir, salah serang pengujung Taman Wisata Air Sumber Wendit, mengatakan, berwisata bersama keluarga memang jadi agenda rutinnya di akhir pekan. Warga Desa Sukonolo, Kecamatan Bululawang, ini mengaku masih kali pertama mengunjungi Taman Wisata Air Wendit. ”Lumayan lah anak-anak bisa berenang dan bisa memberi makan monyet,” ujarnya.

Pewarta: Ashaq Lupito
Penyunting: Ahmad Yani
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Falahi Mubarok