Rasa ”Nendang” Rujak Manis Ananas Pak Bejo

NGANGENIN: Pelanggan sedang menikmati segarnya Rujak Manis Ananas Pak Bejo. - Laoh Mahfud/Radar Malang

Rujak manis termasuk panganan yang digemari segala usia. Ditambah akhir-akhir ini cuaca Kota Malang yang masih panas, sangat cocok untuk menyantap rujak yang memadukan rasa manis, gurih, asam, dan pedas ini.

Salah satu warung rujak manis nan legendaris di Kota Malang adalah Rujak Manis Ananas Pak Bejo. Berlokasi di pojok Jalan Ananas, warung yang berdiri sejak 1975 ini sudah memiliki pasarnya sendiri. Tak heran jika sejak warung ini dibuka, banyak pelanggan yang rela antre, termasuk ”pasukan” GoFood yang melayani pembeli secara online.

Sembari menikmati rujak manis yang memiliki perpaduan rasa yang pas itu, Jawa Pos Radar Malang berbincang dengan sang pemilik warung, Didik Setiyawan. Dia menjelaskan warung tersebut dirintis oleh sang ayah sejak 1975 silam. Mulanya, sang ayah berjualan keliling dengan mendorong gerobak, mulai dari Pasar Mergan hingga ke daerah Kelurahan Rampal Celaket.

”Mulai menetap di sini sejak 1997, Mas. Lokasi ini juga yang pilih Bapak,” ujar Didik. Sebelum menetap di lokasi saat ini, ada lokasi lain yang sempat dijajal, tapi dirasa masih kurang cocok. Di antaranya, di depan BRI Tanjungrejo dan di dekat Apotek Kawi di Jalan Kawi. ”Milih di sini karena dulu langganannya anak-anak kos dan anak SMAK Santa Maria,” imbuhnya.

KOMPLET: Rujak manis tujuh jenis buah, burger tahu, bumbu rujak manis dan bawah putih goreng yang menjadi menu andalan – Laoh Mahfud / Radar Malang

Dalam satu porsi rujak manis, Didik merinci ada 7 jenis buah. Yaitu, pencit (mangga muda), kedondong, mentimun, bengkuang, melon, blimbing, dan nanas. ”Untuk buahnya, total sehari biasanya habis sekitar 1,5 kuintal. Kalau bumbunya yang paling banyak habis di gula merahnya, bisa sampai 40 kilogram,” ungkap Didik.

Menu rujak ini pun dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Pembeli hanya cukup merogoh kocek Rp 20 ribu, sudah bisa menikmati rujak yang maknyus di lidah. Pembeli juga bisa memesan menu lainnya, yakni Burger Tahu dengan harga Rp 5 ribu. Dia juga menyediakan bumbu rujak manis yang dikemas dengan botol seharga Rp 35 ribu dan Bawang Putih Goreng dalam kemasan seharga Rp 25 ribu.

Didik juga berbagi sedikit bocoran resep rahasia rujaknya yang melegenda itu. Dia mengatakan, banyak pelanggannya sangat suka dengan bawang putih yang begitu ”nendang” tersebut.

Di sisi lain, dia juga tetap menjaga kualitas bahan buah-buahan dan bumbunya. ”Kami menjaga kualitas buah-buahannya. Kami juga sudah punya supplier sendiri yang sudah langganan sejak zaman Bapak masih jualan dulu,” terang Didik. (mva/c2/nay)