Raperda Anak dan Pasar Rakyat Kota Batu Bakal Disahkan Akhir Tahun Ini

KOTA BATU – Dua raperda inisiatif DPRD tengah dikebut agar bisa disahkan pada akhir tahun 2018. dua peraturan tersebut yaitu Penyelenggaraan Kota Layak Anak dan peraturan Perlindungan Pasar Rakyat, Penataan, dan Pengawasan Pusat Perbelanjaan dan Toko. Saat hearing, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko pun menanggapi positif dua rancangan peraturan daerah tersebut.

Menurutnya, kedua Raperda tersebut diperlukan sebagai pijakan menata Kota Batu. Seperti Perlindungan Pasar Rakyat, ke depan diharapkan bisa menumbuhkan strategi pemasaran yang mampu menunjang perekonomian di Kota Batu.

“Teekait Raperda perlindungan pasar rakyat ini, kami harapkan mampu menyelesaikan masalah yang selama ini dihadapi penjual. Ke depan mereka bisa menjaga keseimbangan dan eksistansi pasar rakyat dalam menunjang perekonomian di Kota Batu,” ujar Bude, sapaan akrabnya.

Sedangkan mengenai Penyelenggaraan Kota Layak Anak, nantinya bisa dijadikan pedoman implementasi dalam memenuhi hak anak dengan kondisi di Kota Batu.

“Perda ini juga dibutuhkan dalam memberikan perlindungan dan hak anak. Kita juga harapkan segala hak anak terpenuhi, tentunya tetap disesuaikan dengan kondisi di Kota Batu,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo menargetkan kedua Raperda tersebut bisa disahkan diakhir tahun 2018. “Kedua Raperda Inisiatif ini perjalanan di akhir tahun ya, semoga segera terealisasikan dan segera sah sebagai Perda,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Istimewa