Rangsang Minat Baca lewat Lomba Bercerita

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Malang memiliki cara khusus untuk membangkitkan gairah literasi di wilayahnya. Melalui lomba bercerita yang diselenggarakan sejak Februari lalu, siswa-siswi SD dari 33 kecamatan digandeng. Setelah melalui beberapa tahapan, kemarin (12/3) diselenggarakan partai final di Hotel Pelangi, Kota Malang. Lima finalis beradu mahir di depan dewan juri

KEPANJEN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Malang memiliki cara khusus untuk membangkitkan gairah literasi di wilayahnya. Melalui lomba bercerita yang diselenggarakan sejak Februari lalu, siswa-siswi SD dari 33 kecamatan digandeng. Setelah melalui beberapa tahapan, kemarin (12/3) diselenggarakan partai final di Hotel Pelangi, Kota Malang. Lima finalis beradu mahir di depan dewan juri.

Setelah melalui beberapa tahap penilaian, hasilnya pun mencuatkan nama Afrendo Edo Ardiansyah, siswa SDN Ngijo 1, Kecamatan Karangploso, sebagai juara. Dia yang membawakan cerita legenda Aji Saka sukses membuat dewan juri kepincut. Sejak awal, Pemkab Malang memang sengaja mengangkat tema sejarah lokal di lomba tersebut.

Tujuannya supaya siswa mau sedikit membaca tentang sejarah di daerahnya. ”Caranya harus sedikit beda, kalau dipaksa membaca pasti mereka tidak mau. Tapi, kalau bercerita kan mereka jadi semangat,” kata Kabid Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ratna Indriani. Cara lain yang kini sedang dipersiapkan yakni menambah koleksi buku cerita rakyat. Terutama cerita-cerita yang berkaitan dengan sejarah Kabupaten Malang. ”Tahun ini akan kami tambah lagi koleksinya. Target kami tahun ini bisa menjadi Kabupaten Literasi Nasional,” tutupnya.

pewarta Hafis Iqbal
penyunting :Bayu Mulya
copy editor :Dwi Lindawati
foto :Hafis Iqbal