Peluncuran buku 50 tahun ITN Malang

MALANG – Di usia emasnya, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang merangkum 50 tahun perjalanan menjadi sebuah buku yang dirilis, Sabtu (5/1) sore.

Berjudul “50 Tahun ITN Malang Membangun Bangsa”. Buku bercover warna biru itu mewarnai rangkaian Dies Natalies ITN ke-50. Tepatnya, 4 Januari 1969 silam.

“Buku ini, berisi sejarah perkembangan ITN Malang mulai berdirinya, tahun 1969. Sampai Sekarang sudah genap 50 tahun. Perjalanan mulai dari dari ATN sampai ITN,” ujar Rektor ITN Malang, Dr Lalu Mulyadi MT.

Di sisi lain, buku tersebut menjadi dokumentasi jangka panjang pertama. Setelahnya, jangka panjang kedua akan diabadikan setelah 50 tahun berikutnya. Juga menjadi pengingat sekaligus penyemangat untuk terus menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi hingga Go International.

“Kalau ditanya kenapa baru keluar di usia ke-50. Karena memang harus ada dokumennya. Kalau ngga sekarang kapan lagi,” katanya.

Menurut Lalu, buku yang sudah disusun sejak 2014 lalu. Juga menekankan pada aspek strategi dan langkah-langkah mengelola lembaga agar dapat berprestasi. Sekaligus menumbuhkan bibit-bibit terbaik bangsa dan negara.

“Makanya kita beri judul untuk membangun bangsa. Berarti para alumni kita yang hebat sudah tersebar di Indonesia,” tutur dia.

Nantinya, acara masih akan berlanjut dengan pertunjukan wayang kulit oleh dalang Ki Sabdo Anom Raharjo di halaman Kampus 1 ITN Malang pukul 19.00. Dan penutupnya, ada Jalan Sehat bertajuk “Techno Run” yang akan berlangsung di depan Kampus II, Minggu (6/1) pukul 06.00 WIB

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto : Feni Yusnia