Ramaikan Kirab Budaya, Ribuan Warga Songgokerto Turun Ke Jalan

KOTA BATU – Ada yang berbeda dalam perayaan Slametan Desa di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Mengusung Kearifan Budaya Lokal, segala pernak pernik permainan tradisional ditampilkan dalam Kirab Budaya ‘Songgokerto Peduli Kearifan Lokal’, Selasa (11/12).

Sekitar dua ribu warga yang ada dilingkup kelurahan ini turun ke jalan meramaikan kirab tersebut. Ada tumpeng besar berisi buah dan sayur mayur, dan jajanan tradisional serta permainan tradisional seperti Egrang turut di pamerkan di jalan raya untuk menghibur warga.

Ketua Panitia Kirab Budaya, Sugianto menyatakan kirab budaya ini sebagai wujud kepedulian desa dalam menjaga kebudayaannya. “Kita ingin memberdayakan masyarakat untuk membangkitkan kembali budaya lokal disini. Seperti di daerah Songgoriti itu kan ada peninggalan zaman kerajaan juga,” ujarnya.

Acara yang sudah digelar ke 187 kali ini diharapkan lebih bisa mempersatukan antar wilayah di seluruh kelurahan Songgokerto ini. “Kita ingin mempersatukan itu, ya untuk menguri – uri (mempertahakan) budaya jawa yang ada di sini. Sehingga kedepan anak cucu kita bisa meneruskan itu,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Fia