Ramai Perusakan, Makam Suzanna di Magelang Tetap Utuh

JawaPos.com – Nisan milik artis film horor Suzanna yang berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Giriloyo, Kota Magelang, Jawa Tengah luput dari sasaran perusakan. Makamnya yang berada di blok J1, pada Kamis (3/1) masih tetap utuh.

Dari pantauan di lokasi, makam Suzanna Martha Frederika tempatnya cukup jauh dari beberapa makam yang dirusak di TPU itu. Jaraknya sekitar 200 meter dari makam yang dirusak.

Tokoh umat Katolik Kota Magelang, Yohanes Muji Slamet mengatakan, untuk makam yang dirusak di TPU ini ada di blok A1, A2, B1, dan B2. “Tadi yang kami cek ada di blok A1, A2, B1, dan B2. Tidak semuanya Nasrani (makam yang rusak),” katanya saat ditemui di TPU Giriloyo, Kamis (3/1).

Di TPU Giriloyo ini terdapat 12 makam yang rusak. Terdiri dari 11 makam nasrani, dan juga 1 makam muslim. Sementara di kompleks itu terdapat kisaran 22 ribu makam dengan luasannya sekitar 16 hektare. “Cukup luas, pagar juga tidak terlalu tinggi,” kata Kapolsek Magelang Selatan, AKP M Khoirul Anwar.

Dalam proses pengusutan kasus ini, selain meminta keterangan dari saksi juga menerima rekaman Closed Circuit Television (CCTV) yang ada di jalan raya sekitar makam. “CCTV (di makam) kebetulan tidak ada, kami berupaya mencari CCTV di jalan utama” ucapnya.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan menambahkan, sudah ada 8 orang saksi yang telah dimintai keterangan. Selain itu memerintahkan jajaran beserta stakeholder terkait melakukan pendataan terhadap orang pendatang di Kota Magelang. “Untuk semua (makam) yang menjadi objek perusakan, akan kami perbaiki,” ucapnya.

(dho/JPC)