Ramadan-Lebaran, Gelontor Sembako Murah

MALANG KOTA – Ini bisa menjadi kabar baik buat ibu-ibu rumah tangga yang tiap tahun terkena dampak naiknya harga sembako saat Ramadan. Sebab, Pemkot Malang bakal menggelar operasi pasar murah pada bulan puasa dan usai Lebaran.

Kegiatan ini bakal dilakukan di lima titik. Yaitu, Kecamatan Blimbing, Klojen, Lowokwaru, Sukun, dan Kedungkandang. Karena di lima titik tersebut berpotensi terjadinya kenaikan sembako pada musim tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto menyatakan, hingga kemarin pihaknya masih melakukan pantauan harga sembako di pasaran. Alhasil, masih relatif normal. Dan jika ada kenaikan masih dalam ambang normal. ”Paling kalau ada kenaikan sekitar Rp 500 per kilogram,” kata Wahyu Setianto, kemarin.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kenaikan harga sembako tersebut terjadi pada dua minggu dari awal puasa. Jadi, pihaknya bakal melakukan operasi pasar diperkirakan pada minggu kedua bulan puasa. ”Lokasinya di lima kecamatan. Sebab, semuanya berpotensi terjadi kenaikan harga,” ungkap pejabat eselon II Pemkot Malang ini.

Tak hanya itu, masih kata dia, pihaknya juga bakal melakukan hal yang sama pada dua minggu setelah Lebaran. Hal ini didasarkan pada pengalaman tahun sebelumnya harga sembako diperkirakan juga bakal naik. ”Tahun ini kami juga melakukan antisipasi. Biar harga sembako terjangkau warga,” tambahnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga bakal terus melakukan pantauan harga di pasaran saat bulan puasa tiba. Hal ini dilakukan untuk memantau pergerakan harga sembako di pasaran. ”Begitu ada gejala kenaikan, kami bisa putuskan kapan melakukan operasi pasar,” terang dia.

Pewarta               : Imam Nasrodin
Copy Editor         : Dwi Lindawati
Penyunting         : Abdul Muntholib
Fotografer          : Darmono