Raih Predikat Kota Layak Anak, Risma Akan Fasilitasi Anak Multitalenta | JawaPos.com

Raih Predikat Kota Layak Anak, Risma Akan Fasilitasi Anak Multitalenta | JawaPos.com

JawaPos.com – Surabaya kembali meraih penghargaan kota layak anak 2018. Penghargaan tersebut merupakan kali ke-4. Hasil penilaiannya, lebih tinggi ketimbang penghargaan tahun lalu. 

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah kota Surabaya. Terutama, hal-hal yang menyangkut anak. 

Rencananya, Risma akan membuka pelbagai wadah untuk anak berprestasi. Misalnya, pelbagai kegiatan terkait penelitian, penemuan, dan bentuk kreatifitas siswa sekolah lainnya. 

Risma juga berencana menambah fasilitas di sejumlah sekolah negeri. Fasilitas tersebut untuk mewadahi siswa multitalenta. 



“Kami harus sediakan fasilitas yang mumpuni anak multitalenta itu. Misalnya fasilitas bermusik dan olah raga. Meski agak berat,” kata Risma di Gedung Dyandra Convention Hall, Senin (23/7) malam. 

Menurut Risma, jumlah siswa berprestasi pada jenjang SD hingga SMA di Surabaya semakin meningkat. Tanpa menyebut angka pasti, dia mengatakan bahwa peningkatan tersebut tentunya harus diberdayakan. 

Selain itu, Risma menganggap menjadi kota layak anak berarti harus mengerti apa yang menjadi keinginan anak. Dia berpendapat, pemerintah harus mendengar semua keluh kesah anak secara langsung. 

Sehingga, upaya pembangunan sarana dan prasaran perkotaan untuk mewujudkan kota layak anak, tidak sia-sia. Mengingat, lanjutnya, banyak aspek yang menjadi parameter kota layak anak. Mulai dari jaminan kesehatan hingga pendidikan bagi anak.

“Bukan hanya fasilitas, tapi bagaimana kita memperlakukan anak. Tiap tahun anak-anak kasih saya catatan. Isinya tentang apa yang harus dibangun di Surabaya. Itu, harus didengar,” katanya.

(HDR/JPC)