Rabu, Menteri PUPR Serahkan Kunci Rusunawa kepada ASN Kabupaten Malang

Kepala DPKPCK Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat

KOTA MALANG – Rusunawa (rumah susun sederhana sewa) Kabupaten Malang telah selesai dibangun. Rencananya, Rusunawa yang diperuntukkan bagi ASN (aparatur sipil negara) Kabupaten Malang bakal diresmikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Rabu (11/12).

“Ini sudah 100% selesai. Kami sudah pastikan (Rusunawa tersebut) siap dihuni. Mulai dari listrik sudah ada, sistem pemadam kebakaran juga sudah siap, air bersih sudah siap. Jadi, ini sudah siap dilaunching besok,” tutur Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM seusai Sidang Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Senin (9/11).

Dalam peresmian tersebut, kata Wahyu, Menteri PUPR tersebut bakal memberikan kunci kepada perwakilan ASN yang sudah memesan rumah tersebut.

“Nanti pak Menteri akan meninjau rusunawa itu, dan juga memberikan kunci rumah sebagai simbol sudah siap huni,” tuturnya.

Untuk diketahui sampai saat ini 27 rumah dari 54 total di Rusunawa tersebut sudah dipesan oleh ASN Kabupaten Malang.

Untuk biaya sewanya sendiri dipatok berkisar sekitar Rp 250.000 per blok rumah yang dibayar setiap bulannya.

Sebagai informasi, rusunawa dibangun sejak 2018 lalu. Menggunakan dana hibah dari pemerintah pusat sebesar Rp 16,1 miliar dari total bantuan Rp 25 miliar.

Proses pelaksanaan pembangunannya dikawal oleh Tim Pengawal Pengaman Pemerintah Daerah (TP4D) yang berasal dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepanjen.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leqnder
Editor: Indra M