Quat-trick, Sentra Trobas di Sindurejo Diubrak-abrik

GEDANGAN Predikat Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, sebagai salah satu sentra produksi minuman keras (miras) jenis trobas makin menguat. Selasa (23/10) hingga Rabu (24/10), petugas dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Malang kembali mengubrak-abrik beberapa tempat di sana. Hasilnya, didapati ada tiga rumah warga yang terbukti memproduksi trobas.

Dari rumah pertama, petugas berhasil mengamankan 2 jeriken berisi 40 liter trobas. Ada pula 28 drum fermentasi ketan, lengkap dengan sejumlah alat produksinya. Seperti tungku dan wajan. Di lokasi kedua, petugas menemukan trobas 35 liter. Sementara di lokasi ketiga, petugas mendapati miras siap kemas sebanyak 6 jeriken, isinya 121 liter.

”Jika ditotal keseluruhan, ada 11 jeriken dan 3 galon trobas yang kami amankan. Sementara untuk fermentasi ketan, ada 41 drum yang berisi 1.425 liter,” terang Pelaksana Harian (Plh) KPPBC Malang Surjaningsih. Dua pemilik industri trobas rumahan berhasil diamankan petugas. ”SO dan H (tersangkanya) ini sempat kabur waktu penggeledahan. Selang satu hari kemudian, petugas berhasil meringkus keduanya di wilayah Kecamatan Gedangan,” imbuhnya.

Jika ditotal, sepanjang tahun ini sudah empat kali industri trobas di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, diubrak-abrik petugas. Penindakan pertama dilakukan Satreskrim Polres Malang pada 6 dan 12 April lalu. Penindakan berikutnya dilakukan petugas KPPBC Malang pada 20 September lalu. Sama seperti penindakan yang dilakukan Selasa (23/10) dan Rabu (24/10), ratusan liter trobas berhasil diamankan petugas.

Perang terhadap produksi miras jenis trobas memang terus digalakkan Polres Malang. Beberapa waktu lalu, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung sempat menyebut beberapa daerah rawan pembuatan miras tradisional itu. ”Pantauan ada di Kecamatan Bantur, Pagelaran, Gedangan, dan Sumbermanjing Wetan,” kata dia beberapa waktu lalu.



Menindaklanjuti pesan tersebut, Kasatresnarkoba Polres Malang AKP Imam Mustaji mengaku jika pihaknya terus mengintensifkan pantauan. Terlebih saat ini tengah mendekati momen akhir tahun. ”Untuk saat ini kami rutin menggelar operasi ke produsen trobas di wilayah selatan Kabupaten Malang. Jelang tahun baru seperti saat ini, pantauan lebih kami intensifkan lagi,” tutupnya.

Pewarta: Silvi
Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Bayu Mulya