Putra Mahkota Arab Saudi Siap Beli Lima Kapal Perang Spanyol

Putra Mahkota Arab Saudi Siap Beli Lima Kapal Perang Spanyol

MBS bersama raja Felipe VI dan beberapa menteri Spanyol membahas beberapa kerja sama antara Saudi dengan Spanyol di bidang budaya, sains, pekerjaan, transportasi udara, dan pertahanan.

Kerja sama tersebut telah diwujudkan dalam penendatanganan nota kesepakatan. Salah satunya adalah mengenai pembelian kapal perang. Surat kabar harian El Pais melaporkan awal pekan ini, Spanyol kemungkinan akan menjual lima kapal perang korvet ke Arab Saudi dengan nilai USD 2,5 miliar.

Sebuah koalisi LSM termasuk Amnesty International dan Greenpeace mendesak Madrid untuk tidak melanjutkan penjualan kapal perang buatan Spanyol tersebut ke Saudi. Sebab kapal perang tersebut dapat digunakan untuk kampanye militer Saudi melawan pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman.

Akibat Perang Yaman ribuan warga sipil tewas. Bahkan jutaan lainnya mengalami kelaparan.

Analis di Spanyol Real Instituto Elcano, Haizam Amirah Fernandez mengatakan, tujuan dari tur MBS sejatinya untuk menampilkan citra baru MBS dalam kepemimpinannya yang berbeda dengan pemimpin Saudi sebelumnya. Spanyol menjadi salah satu kunci untuk MBS, paket kebijakan ekonomi dan sosial yang dirancang untuk membebaskan kerajaan dari ketergantungan pada ekspor minyak.




(ina/JPC)