Puti Dominasi Raihan Suara Caleg PDIP

JawaPos.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus melakukan kalkulasi perolehan suara calon anggota DPR RI pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Khususnya di daerah pemilihan (Dapil) I Jawa Timur (Jatim) yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo.

Di Surabaya, PDIP mengklaim mendulang 395.024 suara atau 18,53 persen. Caleg PDIP Puti Gutur Soekarno menempati posisi teratas dengan 85.682 suara atau 4,02 persen dari total perolehan sementara. Angka itu masih akan terus bergerak.

“Bambang DH menempati posisi runner up. Kemudian disusul Indah Kurniawati dan Andre Hehanusa,” kata Ketua Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPC PDIP Kota Surabaya Sukadar, Kamis (25/4).

Diperkirakan masih ada caleg lain selain Bambang DH, Indah Kurnia, dan Puti yang berhasil lolos ke DPR RI. Misalnya, Andre dengan perolehan 16.110 suara atau 0,756 persen.



Terkait caleg dari partai lain, Sukadar enggan berkomentar. Meski telah mengantongi datanya. Menurutnya, tidak etis menyebut posisi perolehan suara partai lain.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Wisnu Sakti Buana membenarkan bahwa Puti saat ini mendominasi perolehan suara. Ia pun berharap ada empat hingga lima kursi di DPR RI untuk PDIP dari Dapil I Jatim. “Semoga kursi DPR RI yang diperoleh PDIP dari Dapil Surabaya dan Sidoarjo bisa empat bahkan lima kursi,” harap Wisnu.