Puskesmas Kendalkerep Gandeng Lintas Sektor Tangani Orang Dengan Gangguan Jiwa

KOTA MALANG – Puskesmas Kendalkerep terus berupaya menangani isu-isu yang ada di masyarakat lewat pertemuan lintas sektor. Dalam pertemuan mini Lokakarya Tribulan Lintas Sektor, Kamis, (22/11) yang mengundang berbagai Tokoh Lintas Sektor di wilayah, puskesmas kendalkerep berusaha mensinergikan berbagai sektor dengan tema penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Jadi kami mengundang narasumber dari Dinas Kesehatan, Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular, karena banyak kasus di masyarakat dan ini bukan hanya masalah medis,” papar dr. Lisna, Kepala Puskesmas Kendalkerep, Kota Malang seusai acara.

Lisna mencontohkan, bisa juga pasien ODGJ tersebut sampai mengganggu keamanan maka akan membutuhkan bantuan Satpol PP atau bahkan petugas polisi setempat. “Termasuk RT RW dan berbagai tokoh masyarakat,” tambahnya.

Apalagi jika ODGJ tersebut sudah diobati namun hanya karena ia memiliki riwayat ODGJ namun sudah kembali ke keluarganya, biasanya akan dipandang sebelah mata oleh masyarakat sekitar. “Akhirnya dari sisi psikologis dia marah dan kambuh lagi, malah sama keluarganya malah dipasung kan kasihan, makanya kita perlu edukasi ini,” papar Lisna.

Stigma buruk dan diskriminasi dari masyarakat ini yang juga perlu diedukasi kepada masyarakat itu sendiri. “Kemudian kita bicara juga bagaimana penanganan pasien ODGJ di puskesmas kendalkerep ini dibantu mahasiswa psikologi S2 dari UMM,” tambahnya.



Dia melanjutkan, karena banyaknya masyarakat yang kadang terkendala biaya evakuasi ODGJ, Maka lisna juga turut mengundang Public Safety Center (PSC) 119 dari Dinas Kesehatan yang memang melayani program ambulan gratis. “Jadi supaya masyarakat tahu kontak person yang bisa dihubungi mana,” ujar Lisna.

Terakhir, penanganan ODGJ tidak bisa terlepas dari edukasi masyarakat tentang rujukan ODGJ. Maka dari itu Puskesmas Kendalkerep juga menghadirkan drg. Wahyu, bagian Kepala Seksi Pelayanan Rujukan, Dinas Kesehatan Kota Malang.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido