Puskesmas Arjuno Gencarkan Pencegahan Difteri

MALANG KOTA – Difteri merupakan penyakit yang dapat menyebabkan masalah pernapasan, kelumpuhan, gagal jantung hingga berujung kematian. Salah satu pencegahan penyakit ini yaitu dengan cara imunisasi sejak dini.

Menyadari betapa bahayanya penyakit ini, Puskesmas Arjuno di Klojen Kota Malang melakukan sosialisasi ke beberapa sekolah. Dan untuk saat ini Puskesmas Arjuno merasa lega, karena TK Restu 1, TK Restu 2, SD Kidul Dalem, bahkan TK Wonder Bridge bisa menerima informasi yang disampaikan, namun juga merasa kewalahan ketika para murid berbondong-bondong untuk diimunisasi bahkan orang dewasa pun turut berpartisipasi.

dr. Umar Usman Kepala Puskesmas Arjuno mengatakan, pihak puskesmas terpaksa menolak orang dewasa. ”Kalau mereka mau bisa imunisasi mandiri di fasilitas kesehatan pemerintah atau swasta,” terangnya. Imunisasi yang diberlakukan di puskesmas sini yaitu antara umur 1-19 tahun.

Upaya Puskesmas Arjuno tidak berhenti sampai di situ. Umar mengatakan bahwa masih ada beberapa titik yang belum tersentuh. “Masyarakat yang barangkali tidak pernah bersalancar di social media, jadi informasi ini tidak tersampaikan,” ujarnya.

Adapun sebagian masyarakat yang belum mau menerima informasi ini. Namun Puskesmas Arjuno tidak pantang menyerah. Hal ini seperti disampaikan Umar bahwa akan terus mendatangi sampai masyarakat mau berkooperatif. “Program ini juga untuk kepentingan masyarakat, kalau terlanjur sakit kn juga mahal biaya berobatnya,” kata dia.

Pewarta : Anggraini Takarina WS
Penyunting : Kholid Amrullah
Fotografer : Anggraini Takarina WS