Pupuk Soft Skill Maba, Alumni Sasing UIN Malang Minta Maba Seimbangkan Kegiatan Akademis dan Non Akademis

KOTA MALANG- Jurusan Sastra Inggris UIN Malang telah melahirkan puluhan alumni yang sukses melalang buana ke luar negeri untuk kuliah S2 dan S3.

Untuk menyalurkan kesuksesan itu pada mahasiswa baru, salah satu jurusan di Fakultas Humaniora itu menghadirkan salah satu alumninya untuk memberikan kuliah tamu, yakni Nanang Zubaidi, M.A, P.Hd, Jumat (20/9).

Dalam kuliah tamu tersebut, pria yang sedang studi S3 di universitas di Australia itu menyarankan maba jurusan sasing tahun 2019 untuk tidak hanya fokus pada dunia akademik saja, tapi juga non-akademik seperti bergabung dalam suatu organisasi atau UKM

“Beliau berkata kalau maba itu harus ikut organisasi ekstra atau kampus,” ujar moderator acara sekaligus Dosen Sasing, Whida Rositama.

Widha melanjutkan, saran tersebut disampaikan karena saat ini penyedia beasiswa itu tidak hanya mencari mahasiswa yang berdiam diri di kelas, tapi juga harus mempunyai soft-skill yang bagus.



“Soft skill didapat dengan mengikuti organisasi ekstra kampus atau UKM,” imbuhnya.

Meskipun begitu, maba tetap wajib menyeimbangkan antara kegiatan non-akademis da akademis.

“Percuma juga kalau fokus ekstra, bakal telat kuliahnya,” ujar dosen berparas cantik ini.

Sementara itu, salah satu mahasiswa baru sasing UIN Malang, Michael Fadlan Abdillah mengatakan setelah mengikuti kuliah tamu di Aula Lantai III Fakultas Humaniora itu, ia menjadi sadar kalau kuliah itu juga merupakan media untuk menumbuhkan soft-skillnya.

“Tanggapan saya, tadi itu sangat bermanfaat. Karena awalnya kita belum banyak mengetahui tentang soft skill yang harus kita pelajari. Pada dasarnya kuliah tidak perihal hard skill saja, tapi kita sebagai mahasiswa bisa mengexplor segala keahlian yang belum kita miliki. Kemudian, terbukanya pola pikir bahwa kita tidak selalu berkecimpung di bidang hardskill saja namun bisa menjelajahi ke bidang lain nya,” bebernya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia