Punya Kesamaan Visi, Ratusan Ulama Madura Mantap Dukung Khofifah-Emil

Khofifah Emil

Dilansir RMOl (Jawa Pos Grup), dukungan ini bahkan termaktub dalam sebuah fatwa yang diteken sejumlah pengurus pondok pesantren di Madura.

Dalam fatwa yang ditandatangani di Pondok Pesantren At Taroqqi, Sampang, Sabtu (19/5) itu, menyebutkan bahwa pasangan Khofifah-Emil dianggap lebih kompeten dan profesional.

Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Ahmad Shiddiq yang membacakan fatwa mengatakan, para kiai berpandangan pasangan ini memenuhi syarat dalam mewujudkan Jawa Timur yang maju, adil, dan makmur.

“Menyeru dan memfatwakan fardhu ‘ain kepada seluruh masyarakat Jawa Timur untuk memilih paslon Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dalam Pilgub Jatim 2018,” bunyi fatwa bernomor 1/SFMM/V/2018 yang dibacakan Kiai Shiddiq, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima redaksi.


“Keduanya jujur, dapat dipercaya, dan punya program yang jelas. Baik dari segi gagasan, wawasan, maupun perencanaannya. Terhadap persyaratan tersebut keberadaannya lebih baik dari paslon lain,” sambung fatwa itu.

Sementara, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi dukungan tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan buah dari komunikasi intens yang dilakukannya dengan para Kiai Madura.

“Kalau bukan karena kesamaan visi dan misi untuk Jawa Timur, saya yakin para kiai tidak akan memberi dukungan kepada saya. Mereka juga ingin Jawa Timur lebih maju lagi,” pungkasnya.


(mam/jpg/JPC)