Punya Keluhan Soal Jalan Berlubang atau Layanan Publik? Sampaikan Lewat Aplikasi Ini

KOTA MALANG – Anda punya keluhan soal jalan berlubang, atau layanan publik di Kota Malang? Kini, Anda punya satu lagi cara agar keluhan itu bisa direspon oleh Pemkot Malang.

Caranya pun mudah karena Anda hanya perlu menggunakan smartphone yang Anda miliki. Yakni dengan mengunduh aplikasi ‘Sambat Rene Ker’.

Aplikasi itu baru saja dirilis Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Malang, Sabtu (7/12).

Kepala Diskominfo kota Malang, Tri Widyani Pangestuti mengatakan, ‘Sambat Rene Ker’ terkoneksi dengan seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) Pemkot Malang. Jadi, setiap aduan yang masuk bisa segera ditindaklanjuti oleh OPD.

“Ini lebih mudah dan cepat aksesnya. Tinggal klik aplikasinya terus upload foto apa yang disambat dan OPD langsung menindaklanjutinya,” tuturnya seusai soft launching aplikas di Hotel Pelangi.

Aduan akan ditindaklanjuti dalam waktu 3-7 hari.

Dia pun memastikan tidak ada aduan yang akan terlewatkan. Sebab, ada sistem yang bisa mengingatkan OPD untuk merespon aduan itu.

“Ya akan ada reminder nantinya bahwa ini ada yang belum ditanggepi. Nanti di SMS para humas itu. Langsung tersambung kok. Apalagi ini bisa dipantau langsung oleh Wali Kota, Wakil, serta Sekretaris Daerah kota Malang,” tuturnya. “Kami juga me-monitoring setiap 2 bulan sekali untuk melihat apakah aduan sudah direspon semua atau tidak,” ujar dia.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, layanan Sambat Rene Ker ini bisa mendekatkan kota Malang sebagai Smart City. “Ini bentuk usaha kami menuju ke Smart City tahun 2020. Sekarang masyarakat tidak perlu lama-lama dan tanya ke siapa untuk mengadu. Sekarang sudah cepat melalui aplikasi android ini semua bisa ditangani dengan cepat. Dan kepercayaan masyrakat terhadap pemerintah akan meningkat,” pungkasnya.

Untuk Diketahui, aplikasi pengaduan online sejatinya sudah dirintis sejak 2016 lalu. Namun, kinerja program aduan online tersebut dirasa belum maksimal. Oleh karena itu, dengan evaluasi dari Diskominfo kota Malang dan komunitas seperti Malang Creative Fusion (MCF) hadirlah aplikasi Sambat Kene Ker.

Bagi Anda yang ingin mendownload aplikasi tersebut bisa langsung menuju ke link sebagai berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kominfo.sambat_kota_malang

Pewarta : Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Editor : Indra M