Punya Anemia, Saatnya Perbanyak Makan Ini

RADARMALANGID – Ketika mengalami anemia, sel darah merah berkurang di dalam tubuh, sehingga tubuh akan mengalami banyak masalah. Mudah lelah, mudah pusing, kurang fokus hingga mudah mengalami tekanan darah rendah adalah beberapa efek dari anemia.

Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti memenuhi zat besi, asam folat dan vitamin B-12. Dilansir dari Healthline (8/12), ini dia makanan yang disarankan oleh para ahli untuk penderita anemia.

1. Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, sawi, kangkung, bayam, kale, kacang panjang dan selada merupakan pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan asam folat. Beberapa buah-buahan yang juga mengandung folat di antaranya adalah jeruk, alpukat, anggur dan stroberi.

2. Hati sapi
Kandungan zat besi dan folat dalam liver atau hati sapi sangat tinggi dan mudah dicerna, sehingga tubuh lebih cepat memproduksi sel darah merah lebih banyak. Namun perlu hati-hati sebelum membeli dan mengonsumsi, pastikan membeli hati sapi dengan kondisi sehat.

3. Seafood
Makan lebih banyak seafood juga sangat membantu memenuhi zat besi. Jika kamu tidak memiliki alergi terhadap makanan seafood, beberapa ikan laut seperti udang, tuna, sarden, salmon, tiram dan kerang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi.

4. Kacang-kacangan
Makan kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, chickpea, almond, mede, pistachio, atau kedelai juga sangat membantu memenuhi zat besi. Beberapa biji-bijian juga bagus untuk dikonsumsi seperti biji bunga matahari dan biji labu.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia