Puncaki Billboard 200, SuperM Malah Dikritik Media Barat

RADARMALANGID – SuperM melaju tanpa henti. Setelah debut di televisi Amerika pekan lalu, baru-baru ini grup teranyar milik SM Entertainment tersebut berada di chart puncak Billboard 200.

SuperM: The 1st Mini Album (EP) mengalahkan album ‘Over It’ milik Summer Walker. Berkat prestasi ini, titel grup Kpop pertama yang berhasil menduduki chart album Billboard 200 pun disandang oleh SuperM. Namun, dibalik prestasi tersebut ternyata ‘Avengers of Kpop’ itu mendapat singgungan dari media barat.

“Album pertama SuperM hadir dengan paket dan pengemasan yang bervariasi, menghasilkan penjualan debut mingguan yang kuat, namun jumlah streaming rendah,” ungkap The New York Times seperti dilansir dari Koreaboo (17/10). Media berbasis di New York tersebut menyebutkan SuperM menjual 164.000 album dan hanya mendapat 4.9 juta stream.

Seirama, majalah musik populer The Rolling Stone juga mengatakan bahwa album yang hanya berisi 5 lagu dan dua instrumental tersebut hanya mengumpulkan 3.9 juta stream di AS. Jumlah itu berbeda jauh dengan lagu ‘By My Lonely’ milik Kevin Gates yang berada di nomor 1 chart Rolling Stone (RS) 100 dengan perolehan 4.8 juta stream. Melebihi angka stream gabungan kelima lagu di album SuperM.

SuperM adalah grup hybrid dengan 7 anggota ‘Super’ dari boyband yang sudah tenar lebih dulu, yakni NCT, EXO, dan SHINEE. Kai, Lucas, Ten, Taemin, Bakehyun, Taeyeong, dan Mark debut dengan single ‘Jopping’ pada awal bulan ini.

Pewarta : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Istimewa
Editor :Indra M