Puncak Mudik Nataru, Penumpang Kualanamu Turun 12 Persen

JawaPos.com – Arus mudik natal dan tahun baru mengalami penurunan 12 persen di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang. Data yang ditunjukkan pada H-3 Natal, total penumpang sebesar 30.904 pada Sabtu (22/12).  

Branch Communication And Legal Manager Bandara Kualanamu Wishnu Budi Setianto mengatakan, dari jumlah itu, 24.674 adalah penumpang domestik. Sedangkan penumpang yang berangkat ke luar negeri sebesar 6.230 penumpang. 

“Untuk domestik paling banyak ke Jakarta. Sedangkan luar negeri, Singapura dan Kualalumpur,” kata Wishnu, Minggu (23/12). 



Angka ini mengalami penurunan pada periode yang sama. Catatan mereka, di periode yang sama (H-3 Natal), penumpang tercatat sebanyak 35.299 orang. “Menurun dua belas persen,” katanya. 

Sebelumnya, Wishnu mengatakan puncak arus mudik natal terjadi pada H-3. Untuk mengantisipasi kerawanan keamanan bandara, Kualanamu menurunkan 700 petugas. Mulai dari TNI, Polri, Avsec, Satpol PP dan stakeholder lainnya. 

“Tentunya manajemen angkasa pura siap untuk memberikan kenyamanan dan pengamanan bagi pengguna jasa penerbangan,” terangnya.

Meski belum ada maskapai yang mengajukan extra flight, pihaknya sudah melakukan persiapan. Kualanamu menyiapkan 80 penerbangan tambahan berbagai rute. 

(pra/JPC)