Puluhan Personel Siap Amankan PSU Di Tiga TPS Kota Malang

KOTA MALANG- Sore ini (24/4) aparat kepolisian menggelar apel persiapan untuk keamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) besok, 25 April 2019 serta distribusi surat suara ke masing-masing TPS yang menggelar PSU. TPS tersebut yakni TPS 9 Bunulrejo, TPS 14 Penanggungan, dan TPS 17 Sukoharjo. Apel ini dipimpin oleh Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri di Halaman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang.

“Terkait dengan pelaksaan PSU rencananya petugas yang akan dilibatkan itu sebanyak 24 personil, masing-masing TPS akan dijaga oleh 8 personil terdiri dari satu perwira dan tujuh bintara,” rinci dia.

Rencananya, untuk pergeseran logistik dari KPU menuju TPS akan dilaksanakan setelah salat maghrib atau sekitar pukul 18.00 WIB. Sedangkan penjagaan kepolisian untuk PSU besok dilakukan sampai selesai. Personel akan menetap hingga hasil PSU keluar tanpa ada pergantian shift.

“Untuk keamanan di PSU ini berbeda dari Pemilu tanggal 17 April lalu. Kemarin 1 Polri bisa mengamankan 3 sampai 7 TPS sedangkan untuk PSU satu TPS dijaga 8 personel,” sambungnya.

Mengantisipasi terjadinya gejolak, Asfuri mengaku akan berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu. Untuk menghindari kesalahan terulang, selaku petugas keamanan pelaksaan PSU akan menyerahkan keamanan langsung ke KPPS.



“Namun apabila terjadi sesuatu yang membutuhkan petugas kepolisian maka akan segera dikoordinasikan,” pungkas dia.

Sebelumnya terjadi kelalaian pihak KPPS di 3 TPS. Berdasarkan laporan dan analisa Bawaslu, di TPS 9 Bunulrejo ada 6 DPTb yang mencoblos 5 surat suara padahal harusnya hanya diperbolehkan 2 surat suara Pilpres dan DPD. Sedangkan di TPS 14 Penanggungan dan TPS 17 Sukoharjo kasusnya sama, sejumlah pemilih yang tidak berdomisili di wilayah tersebut mencoblos dengan hanya menggunakan e-KTP. Tercatat 8 orang di TPS 14 Penanggungan dan 3 orang di TPS 17 Sukoharjo. Sehingga ketiga TPS tersebut harus melaksanakan PSU besok.

Pada PSU besok, TPS 14 Penanggungan memiliki 268 DPT, 16 DPTb, dan 14 DPK. Sedangkan TPS 9 Bunulrejo 195 DPT, 1 DPTb, dan 13 DPK. Lalu untuk TPS 17 Sukoharjo, ada 262 DPT dan 7 DPK, DPTb nihil. Tiga TPS ini serentak mengadakan PSU besok mulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia