Puluhan Barista Ikuti Kompetisi Fun Manual Brewing di International Coffee Festival

KOTA BATU – Puluhan Barista ramaikan kompetisi Fun Manual Brewing di International Coffee Festival, Rabu (12/12). Setidaknya 82 peserta saling bersaing meracik kopi dengan manual brew V60 untuk menjadi juara.

Koordinator acara kompetisi Fun Manual Brewing, Fris Wilen mengatakan kompetisi ini dilakukan secara battle. Mereka diberikan wakty 15 menit untuk persiapan dan membuat kopi dengan alat dan kopi yang sudah disediakan. Hasilnya akan langsung diumumkan juri untuk siapa yang melaju ke babak selanjutnya.

“Jadi mereka battle kan, kita ambil 3 pertama dan seterusnya. Dari ketiga peserta ini hasil racikannya akan langsung dipilih oleh juri setiap pemenangnya untuk melaju ke babak selanjutnya. Itu kita lakukan terus menerus hingga nomor peserta terakhir,” ujarnya.

Kompetisi yang di gelar di ruang Graha Pancasila Balai Kota Among Tani Kota Batu ini cukup meriah dengan sorakan peserta lain yang menyaksikan rekannya berlomba.


Salah satu peserta dari Dinoyo, Kota Malang Fradina Sekar Ayu Ekaputri Yohana yang ikut kompetisi ini. Ia tidak menyangka bisa berhasil lolos ke babak berikutnya, padahal dirinya baru menjadi barista dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini.

“Awalnya ikut kan cuma ingin tau seberapa besar kemampuanku dalam melakukan manuak brew ini. Ternyata hasilnya malah disukai juri, dan lolos. Padahal tadi ga sempat ku cobain rasa kopinya, duh senang banget,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu juri dari Amstirdam Cafe, Shiva Raja mengatakan sistem penilaiannya dari rasa kopi yang dihasilkan peserta. Menurutnya pengaturan suhu air yang tepat dalam menyeduh kopi dapat menghasilkan cita rasa yang berbeda.

“Kita beri waktu untuk menyeduh itu kan, karena penilainnya ya dari rasa. Kalau cita rasa tepat dan enak berarti mereka sudah pasti bisa mengatur suhu air untuk menyeduh kopi dengan baik juga,” katanya.

Disisi lain, masih banyak rangkaian acara di event International Coffee Festival hingga besok (Kamis, 13/12). Diantaranya fashion show bertema kopi, pameran UMKM, lelang kopi, kuliner, puluhan kedai kopi yang siap memanjakan pengunjung, dan masih banyak yang lainnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Arifina