Pulangkan Matutu, Panggil Jayus

MALANG KOTA – Setelah seminggu menggelar pemusatan latihan, pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri akhirnya mencoret tiga nama pemain. Striker muda Arema FC Dalmiansyah Matutu masuk dalam daftar pemain yang dicoret itu.

Selain Matutu, dua nama lain adalah Hilman Syah (kiper/PSM Makassar), dan Yoga Pratama (gelandang, PSIM Jogjakarta). Sebagai gantinya, Indra memanggil tiga nama baru untuk mengikuti pemusatan latihan di lapangan ABC Senayan.

Gelandang muda Arema FC Jayus Hariono masuk dalam daftar tiga nama pemain yang dipanggil itu. Jayus dipanggil bersama kiper Borneo FC Nadeo Argawinata, dan pemain Persib U-19 M Syafril Lestaluhu.

”Kami kembalikan tiga pemain ke klub untuk mencoba perbandingan pemain yang baru yang jumlahnya sama tiga pemain juga. Ada empat kriteria, yakni kemampuan skill, fisik, taktikal kecerdasan, dan mental. Itu ditambah informasi mengenai kesehatan dan fisioterapi, dan psikotes mereka, dengan semua aspek lainnya,” kata Indra Sjafri, seperti dikutip dari pssi.org.

Jayus bersama dua pemain lainnya bakal mulai menjalani pemusatan latihan besok (14/11). Bagi Jayus, ini adalah kesempatan pertamanya mengikuti agenda pemusatan latihan timnas.



Karir Jayus memang tengah menanjak. Setelah bermain bersama Persekam Metro FC di Liga 2 musim 2017, Jayus bergabung dengan Arema FC di musim 2018.

Awalnya, nama Jayus tak diperhitungkan. Butuh waktu bagi Jayus untuk menembus skuad inti. Setelah beberapa kali masuk daftar pemain cadangan, Jayus mendapatkan kesempatan debut saat Arema FC menghadapi Persebaya di Stadion Kanjuruhan, 6 Oktober lalu.

Penampilannya di laga itu menuai apresiasi positif. Setelah itu, Jayus pun menjadi langganan starter di sektor gelandang bertahan. (*/c2/muf)