PT Panggung Electric Citrabuana Tanam Ribuan Bambu Petung Di Sumber Brantas

Wakil Manajemen PT Panggung Electric Citrabuana Eddy dan Pejabat Dinas Kehutanan Jawa Timur Putut memnyerahkan bibit bambu petung secara simbolik ke warga Sumber Brantas

KOTA BATU – Ribuan bibit pohon bambu Petung ditanam di area Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Sumber Brantas Kota Batu, Rabu (28/11). Sekitar 1500 bambu terpilih tersebut berasal dari jenis kultur jaringan yang menghasilkan penyerapan air hujan terbaik.

HRD PT Panggung Electric Citrabuana, Totok Dwi H menyatakan penanam bambu Petung tersebut sebagai bentuk penyelamatan sumber mata air Brantas. “Kita tahu karena sumber mata air ini kan banyak dibutuhkan masyarakat. Ini wujud dari penyelamatan sumber mata air, dan kami melihat di Sumber Brantas ini salah satu sumber mata air yang terbaik,” ujarnya.

Proses penanaman ribuan pohon bambu dipilih karena jenis bambu mampu melakukan penyerapan air hujan terbaik. “Pohonnya memang kita pilih Bambu, karena diantara pohon penyerap air hujan terbaik ya bambu. Ia mampu menyimpan 90 persen air hujan,” imbuhnya.

Di sisi lain, melalui kegiatan ini Kepala UPT. Tahura, Daryono Budi Santoso mengungkapkan masyarakat lebih mau untuk menjaga lingkungannya. Karena dengan reboisasi ini, bisa menghindarkan penyebab bencana tanah longsor.

“Kita berharap masyarakat lebih mau menjaga kelestarian lingkungannya. Ini juga bisa mengurangi erosi tanah, dan sengaja dibuat di sekitar sumber airnya. Dengan penanaman ini diharapkan juga mampu mencegah terjadinya bencana longsor di musim penghujan,” tandasnya.



Kegiatan penanaman pohon tersebut bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur, Tahura, dan Himakpa Alumni ITN Malang.

Pewarta: Arifina
Foto: Dokumentasi Tahura
Penyunting : Fia