PT LIB Bicara Wacana Penggunaan Pemain Asing di Liga 2

JawaPos.com – PT Liga Indonesia Baru (LIB) bicara soal wacana penggunaan pemain asing di Liga 2 2019. Namun, tampaknya wacana tersebut belum bisa diterapkan dalam waktu dekat karena kompetisi kasta kedua Indonesia itu masih difokuskan untuk mengedepankan pembinaan pemain muda.

Seperti diketahui, dalam beberapa kompetisi di Asia Tenggara, kasta kedua diperbolehkan menggunakan pemain asing. Pada Malaysia Premier League memperbolehkan klub memakai 4 pemain asing. Rinciannya 3 pemain non-Asia dan 1 pemain asing asal Asia.

Sedangkan di Thailand lebih bebas. Mereka memperbolehkan klub-klub menggunakan 3 pemain asing non-Asia, 1 pemain asing Asia, dan 1 pemain asing dari ASEAN.

Hanya saja, di Liga 2 2019, pemain asing masih dilarang. “Belum. Banyak hal yang kami pertimbangkan untuk wacana tersebut. Karena di Liga 2 kekuatan pemain lokal yang ditonjolkan,” ungkap Direktur Interim PT LIB, Dirk Soplanit kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/5), lalu.

Kompetisi Liga 2 memang menjadi kesempatan bagi pemain lokal, khususnya pemain muda untuk unjuk gigi. Karena nantinya jelas akan bermuara ke Timnas Indonesia.

“Jadi kalau sampai menggunakan pemain asing atau sebagainya itu masih agak berat menurut kami. Mungkin kalau di Liga 1, klub sudah melakukan pembinaan pemain muda dari sebelum-sebelumnya,” tutup Dirk.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Indra Eka Setiawan