PSM vs Lalenok United: Tim Musafir Tetap Kejar Kemenangan

JawaPos.com – Lagi-lagi PSM Makassar harus menjadi tim musafir pada ajang AFC Cup. Sore ini mereka akan menjamu Lalenok United pada leg kedua babak playoff AFC Cup Zona ASEAN di Stadion Pakansari, Bogor. Itu bukan kali pertama PSM tampil sebagai tim musafir.

Musim lalu mereka juga harus berjuang jauh dari Makassar. Sebab, Stadion Andi Mattalatta belum memenuhi standar AFC. Berlaga jauh dari rumah tentu menjadi sebuah kerugian. Dukungan yang didapat tidak akan seramai saat berlaga di Makassar.

PSM Makassar

Namun, pelatih PSM Bojan Hodak yakin masih ada suporter setia yang datang memberikan dukungan bagi tim berjuluk Ayam Jantan dari Timur tersebut. ”Kami memahami situasi ini. Tim lawan mengalami situasi yang sama,” ucapnya. ”Leg pertama (22/1) kami away ke Bali. Itu bukan kandang mereka. Leg kedua kami home dan bermain jauh dari Makassar, tetapi masih di Indonesia,” imbuh pelatih asal Kroasia tersebut.

Sementara itu, PSM mempunyai peluang yang lebih besar untuk lolos dari babak playoff. Sebab, pada leg pertama di Stadion Kapten I Wayan Dipta, PSM menang 4-1. Meski kalah 2-0 pun, PSM tetap lolos ke babak berikutnya.

Namun, bukan skor aman yang diincar Bojan. Pelatih berkepala plontos tersebut ingin anak asuhnya memastikan lolos dengan kemenangan di tangan. ”Saya camkan pada mereka bahwa kami memulai game bukan dari skor sebelumnya. Tetapi, dari skor 0-0,” ucapnya. ”Kalau terlalu percaya diri, nanti malah berbahaya untuk kami. Saya berharap mereka bisa lebih baik dari game sebelumnya,” imbuhnya.

Di sisi lain, Lalenok United tak mau menyerah begitu saja. Meski dihajar pada leg pertama, tim asal Timor Leste itu akan berusaha bangkit pada leg kedua sore nanti. Itu memang berat. Apalagi, setidaknya mereka butuh kemenangan dengan margin empat gol untuk lolos dari babak playoff.

”Kami juga punya target untuk memperbaiki dan berusaha. Karena kami mulai dari leg pertama, ada kesalahan yang kami lakukan dan itu menjadi fatal,” ucap pelatih Lalenok United Jantje Efraim.

Lalenok United memang sempat memberikan perlawanan pada leg pertama. Namun, saat kiper Agbozo Nathanael mendapatkan kartu merah akibat pelanggaran yang dilakukan kepada Ferdinan Sinaga, permainan Lalenok United menjadi tidak berkembang. Jantje pun berharap kejadian tersebut tak terulang pada laga sore nanti.

Perkiraan Pemain

PSM (4-4-2): 33-Miswar Saputra (g); 14-Asnawi Mangkualam, 18-Dedy Gusmawan, 5-Hussein El Dor, 25-Leo Guntara; 19-Rizky Pellu, M. Arfan, 80-Wiljan Pluim (c), 7-Irsyad Maulana; 6-Ferdinan Sinaga, 9-Giancarlo Rodrigues

Pelatih: Bojan Hodak

Lalenok United (4-3-3): 96-Calestino Xavier (g); 20-Gaspar da Silva, 24-Francisco Minorino, 14-Duarte Ximenes, 21-Paulo Domingos; 4-Frascisco da Costa, 7-Helder Valente (c), 10-Elias Joao; 17-Armindo Almeida, 77-Daniel Adade, 93-Fabio Christian

Pelatih: Jantje Efraim

Stadion: Pakansari, Bogor

Kickoff 15.30 WIB