PSI Happy Indonesia Berpeluang Jadi 10 Besar Pemegang Saham Bank Dunia

PSI Happy Indonesia Berpeluang Jadi 10 Besar Pemegang Saham Bank Dunia

â??Ini sejarah bagi Bangsa Indonesia. Lewat tangan Presiden Jokowi kita berhasil menancapkan pengaruhnya di Bank Dunia,” ujar Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia Rizal Calvary Marimbo dalam keterangan tertulisnya pada RADAR MALANG ONLINE.

Melalui capaian itu, menurut Rizal, bangsa ini akan sangat diperhitungkan oleh negara-negara lainnya. â??Tentunya hal ini menjadi era yang luar biasa. Kita akan lebih dilihat dan tidak mudah disepelekan,â? paparanya.

Rizal menjelaskan, sidang ke-37 International Monetary and Financial Committee IMF di Washington DC pada 21 April 2018 lalu mengeluarkan pemberitahuan resmi yang dibacakan oleh Gubernur Bank Sentral Afrika Selatan. Pemberitahuan itu antara lain, menegaskan penuntasan restrukturisasi quota saham dan voting power World Bank dalam paket Review ke-XV.

Diketahui, restrukturisasi tersebut harus tuntas pada April 2019 atau paling lambat pada Annual Meeting Bank Dunia Oktober 2019 di Bali. 

â??Annual Meeting tersebut sangat krusial sebab salah satu agendanya menuntaskan transformasi arsitektur finansial global pemegang saham World Bank/IMF,â? kata Rizal.



“Saat ini episentrum kekuatan ekonomi dunia sudah berpindah dari negara-negara barat ke negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Karena itu, PSI yakin Jokowi bisa menunjukkan pengaruhnya di Annual Meeting Bank Dunia di Bali nanti,” ucap dia.

Rizal juga mengatakan, penguatan kepemilikan saham nantinya akan berdampak pada kemudahan pengelolaan utang multilateral.


(gwn/JPC)