Program Muda Berdaya Shopee dan SMSG Bidik Siswa Palembang

JawaPos.Com – Program Muda Berdaya besutan Shopee dan Semua Murid Semua Guru (SMSG) memulai rangkaian acara pertamanya di Palembang, Sabtu (24/8). Acara Talk show dan Sesi Inspirasi Muda Berdaya dari para mentor tersebut disambut dengan antusias oleh ratusan murid SMA/SMK sederajat sekitaran Palembang yang antusias mencari inspirasi seputar peluang wirausaha.

Program Muda Berdaya kerja sama Shopee dan SMSG tersebut diresmikan pada Hari Pendidikan Nasional tahun 2019. Konsep awal dari Program Muda Berdaya berangkat dari pemahaman Shopee dan SMSG terhadap potensi kewirausahaan anak muda, terutama yang berusia 15-18 tahun. Semangat kewirausahaan kaum milenial dinilai mampu menjawab tantangan zaman dan industri karena mengasah keberdayaan, kemandirian, dan juga kreativitas. Apalagi, tantangan yang dihadapi oleh sumber daya manusia di Indonesia berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Diperlukan terobosan dan inovasi untuk dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.

’’Program Muda Berdaya ini dirancang menjadi solusi relevan untuk menjawab dinamika dunia industri yang berubah dengan begitu cepat,’’ ujar Country Brand Manager Rezki Yanuar Shopee. ’’Acara Talk Show dan Sesi Inspirasi berkolaborasi dengan berbagai mentor sebagai bukti konkret dari komitmen kami untuk terus berinvestasi dalam perkembangan generasi muda,” tandas dia.

Acara tersebut dibagi menjadi dua sesi. Pertama, Talk show yang menghadirkan Prilly Latuconsina selaku Brand Ambassador Shopee dan sosok pengusaha muda inspiratif, Rezki Yanuar, Kasi Sarana Prasarana Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Syamsurrijal dan Widita Kustrini selaku Kepala Program SMSG.



Sesi kedua yang merupakan Sesi Inspiratif diisi oleh empat mentor yang memiliki latar belakang pengalaman usaha yang mumpuni. Mereka adalah Yukka Harlanda selaku CEO Brodo, Adis Karim selaku Owner Rumah Songket Adis, Abdul Anzisy selaku Owner Bakso Granat Mas Azis, serta Arina Baroroh selaku Junior Project Manager Du’anyam.

’’Masing-masing mentor akan sharing dengan adik-adik SMA/SMK. Mereka akan memberikan berbagi pengalaman dan pengenalan model bisnis dari masing-masing industri yang diminati peserta,’’ jelas Rezki.

Diharapkan dalam acara tersebut, peserta terdorong untuk segera mengirimkan ide bisnis dan mendaftarkannya di mudabberdaya.info. ’’ Program Muda Berdaya ditujukan untuk tim anak muda usia 15-18 tahun yang memiliki ide usaha yang dijalankan bersama tim. Nantinya akan dipilih 20 tim untuk mengikuti masa inkubasi. Dan puncak program ini adalah Apresasi Muda Berdaya bagi 3 tim terbaik yang akan mendapatkan modal usaha dan coaching dari Kampus Shopee,’’ kata Widita.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM