Prodi Bertambah, Fakultas Agama Bisa Dimerger

Prodi Bertambah, Fakultas Agama Bisa Dimerger

BANYUPUTIH – Alih status Perguruan Tinggi Ibrahimy menjadi Universitas Ibrahimy (UNIB) Sukorejo, dipastikan ada penambahan Program Studi (Prodi). Informasinya, ada sepuluh prodi baru. Dengan rincian, enam prodi rumpun eksakta dan empat prodi rumpun sosial.

Rektor Institut Agama Islam Ibrahimy, Prof. DR. Abu Yasid mengatakan, dengan adanya tambahan prodi, maka struktur fakultas dan jurusan juga mengalami perubahan. Empat Fakultas agama yang ada saat ini, bisa dimerger menjadi satu fakultas.

Jika dimerger, maka Fakultas Syari’ah, Tarbiyah, Dakwah dan Fakultas Ekonomi-Bisnis Islam dinamakan Fakultas Agama Islam (FAI). “Ini untuk keperluan efisiensi,” ujar Abu Yasid kepada wartawan koran ini, kemarin (05/02).

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan, fakultas-fakultas tersebut tetap ada dan tidak dimerger. Pertimbangannya, terang Abu Yasid, untuk menjaga syi’ar dan eksistensi prodi-prodi agama di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo. “Tentu saja, dengan konsekuensi kurang efisien dalam penyelenggaraannya,” tambahnya.

Abu Yasid mengatakan, secara umum, ada beberapa opsi perubahan. Akan tetapi, opsi-opsi tersebut akan dimatangkan dan difinalisasi dengan pihak yayasan. Sebab, hal itu juga berdampak pada restrukturisasi pimpinan. Baik di tingkat Institut maupun akademik.



“Restrukturisasi pimpinan sepenuhnya menjadi kewenangan Yayasan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo sesuai statuta dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” terang profesor filsafat Islam itu.

Sementara itu, dia mengaku, hal mendesak yang harus segera dilakukan adalah mempersiapkan perangkat sarana dan prasarana perkuliahan serta laboratorium. Selain itu, pemenuhan dosen juga dinilai cukup mendesak. “Baik dosen homebase maupun dosen rasio sesuai jumlah prodi yang sudah mengalami penambahan,” kata Abu Yasid.

Selain fakultas agama, UNIB Sukorejo juga menyediakan fakultas-fakultas umum. Di antaranya, Fakultas Sains dan Teknologi; Fakultas Sosial dan Humaniora, serta Fakultas Kesehatan.

UNIB Sukorejo diresmikan Presiden Joko Widodo, Sabtu (03/02) lalu. Peresmiannya bersamaan dengan haul pendiri dan pengasuh PP Salafiyah Syaf’iyah, Sukorejo. (bib/pri)

(bw/bib/ics/JPR)