Priyo “Bogank” Sudibyo Pimpin Kadin Kabupaten Malang

Dari kiri ke kanan: Wakil Ketua Kadin Provinsi Jatim Adik Dwi Putranto, Ketua Kadin terpilih Kabupaten Malang periode 2019-2024 Priyo 'Bogank' Sudibyo, Plt Ketua Kadin Kabupaten Malang Adum Dasuki, dan Dr Bambang Suryanto, chairman Asian Universirty Internasional.

 

KABUPATEN- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Malang punya nakhoda baru. Dia adalah Priyo “Bogank” Sudibyo. Pengusaha yang juga ketua Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Malang ini ditetapkan sebagai ketua Kadin dalam Musyawarah Kabupaten (Mukab) ke-VI di RM Ringin Asri, Kota Malang, kemarin (10/12).

Bogank-sapaan akrab Priyo Sudibyo- bakal memegang panji-panji Kadin Kabupaten Malang untuk lima tahun ke depan. Beberapa program pun langsung dia siapkan untuk memajukan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah ini. “Saya melihat sektor perekonomian mikro Kabupaten Malang punya potensi luar biasa untuk dikembangkan dan dimajukan,” ujarnya usai terpilih. “Seperti yang disampaikan Kadisperindag tadi, ada 30 ribu-an UMKM di Kabupaten Malang” sambung dia.

Dan dirinya, tengah merumuskan program untuk mengenalkan produk UMKM. “Yang pasti, ikut memasarkan produk UMKM agar bisa lebih dikenal luas. Khususnya masyarakat internasional, salah satunya mungkin kami akan membuat laman tentang UMKM,” jelas ketua Persatuan sepatu roda seluruh Indoensia (Perserosi) Kabupaten Malang ini. Selain UMKM, lanjutnya, potensi wisata di kabupaten juga tidak kalah bagus. Bogank berencana akan menggabungkan kedua potensi tersebut, yakni UMKM dengan pariwisata.

Baginya, memimpin Kadin Kabupaten Malang memiliki tantangan tersendiri. Yang jelas butuh perhatian dan waktu. “Karena saya juga mengurusi beberapa organisasi. Untuk konsentrasi di Kadin, Insyaallah saya akan mundur dari beberapa organisasi yang saya pimpin saat ini,” ungkapnya.

Terpilihnya Bogank sebagai penggerak baru Kadin Kabupaten Malang disambut baik oleh Plt Ketua Kadin Kabupaten Malang, Adum Dasuki. “Saya kira Pak Priyo (Bogank) bagus orangnya, karena setahu saya memang beliau pernah di Kadin juga,” ucapnya.

Dia berharap, dengan terpilihnya Bogank dapat membawa perubahan di dalam Kadin. “Saya harap kedepannya bisa memajukan dunia perindustrian dan UMKM di Kabupaten Malang yang kini makin milenial” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang Agung Purwanto menambahkan, era yang semakin digital akan menjadi tantangan tersendiri bagi dunia perekonomian Kabupaten Malang. “Sekarang sudah masuk era revolusi industri 4.0 dan ada sekitar 400 ribu lebih UKM di Kabupaten Malang yang semuanya memiliki omzet banyak tapi harus ditingkatkan berikut sektor yang lain,” tuturnya.

Dirinya berharap adanya sinergitas dalam memajukan perekonomian di Kabupaten Malang. “Kami sadari bahwa pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam meningkatkan perekonomian,” kata dia. “Kami harapkan Kadin bisa meningkatkan sinergitas dengan pemerintah. Kalau selaras, pasti tantangan apa pun bisa dihadapi dengan baik,” tandas Agung. (biy/nen)