Presiden Korsel pada Kim Jong Un: Saya Senang Bertemu denganmu!

Presiden Korsel pada Kim Jong Un: Saya Senang Bertemu denganmu!

Kim dan Moon bergandengan tangan, keduanya terlihat gembira
(Reuters)

JawaPos.com – Pertemuan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in menjadi peristiwa bersejarah di antara dua Korea. Pertemuan ini menandai mencairnya hubungan kedua negara yang bersitegang selama ini. Seperti dilansir China Global Television Network pada Kamis (26/4), dalam sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan harapannya akan diskusi Kim dan Moon dapat membuat kemajuan dalam mencapai perdamaian dan kemakmuran.

Gedung Putih berharap melanjutkan diskusi dengan Presiden Moon. Ini dilakukan untuk membuat persiapan bagi pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dengan Kim Jong Un pada Mei atau Juni mendatang.

Pagi ini, dengan nada dan rona wajah ceria kedua pemimpin Korea tersebut bertemu. Mereka terlihat gembira dan menunjukkan citra positif saat bertemu.

“Saya senang bertemu denganmu,” kata Moon Jae-in kepada Kim, saat keduanya bertemu untuk perdamaian.

Sementara itu, belum ada penetapan tanggal untuk pertemuan Trump-Kim. Meskipun para pejabat tampaknya menetapkan Mei atau Juni bagi pertemuan keduanya.

Sebelumnya pada hari Kamis, Trump mengatakan kepada Fox News Channel, ia masih bertanya-tanya apakah pertemuannya dengan Kim akan benar-benar terjadi? Hal itu masih menjadi masalah spekulasi.

Kim mengaku siap menghentikan uji coba nuklir demi perdamaian
(Infografis: Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

Trump juga mengaku siap untuk pergi jika perlu. “Bisa jadi saya berjalan keluar dengan cepat. Bahkan mungkin pertemuan itu bahkan tidak terjadi. Siapa yang tahu?” ujar Trump.


(ina/ce1/iml/trz/JPC)