Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Rakornas Pemerintah Pusat dan Daerah

Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Rakornas Pemerintah Pusat dan Daerah - JPNN.com

Mendagri Tito Karnavian dan Kapuspen Kemendagri Bahtiar (kiri). Foto: Humas Kemendagri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA – Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka acara Rapat Koordinasi Nasional Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang diselenggarakan oleh Kemendagri di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat pada 13 November 2019.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar mengatakan, selain Presiden Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin juga dijadwalkan hadir.

“Rakornas Forkopimda nanti di Sentul rencananya akan dibuka langsung oleh Bapak Presiden, bahkan Bapak Wapres juga akan turut memberikan arahan,” kata Bahtiar di Jakarta, Kamis (7/11).

Dijelaskan, acara untuk sinkronisasi Program Prioritas Nasional itu akan dibagi dalam 8 (delapan) sesi. Per sesinya akan diisi oleh narasumber dari Kementerian maupun Lembaga untuk memaparkan pokok pikirannya terkait Program Prioritas Nasional yang dicanangkan Pemerintah Presiden Joko Widodo.

“Acara akan dibagi ke beberapa sesi, narasumbernya dari Kementerian/Lembaga maupun badan, dan akan dipandu oleh pejabat esselon I di lingkungan Kemendagri. Tentunya dalam kesempatan ini banyak pokok-pokok pikiran yang akan dijabarkan oleh berbagai narasumber terkait Visi-Misi Presiden, karena kita tahu bahwa tidak ada visi-misi Kementerian, dan ini menyangkut program kita hingga tahun 2024 nanti, ” jelas Bahtiar.

Jika tak ada perubahan, diskusi Panel I dengan tema “Kebijakan Strategis 2020-2024” akan diisi oleh Menkopolhukam, Menko Perekonomian, Menko PMK, Menko Kemaritiman dan Investasi, dan akan dimoderatori oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri.

Panel II terkait dengan Pembangunan SDM akan menghadirkan Mendikbud, Menkes, Mensos, Menkeu, dan Menag sebagai narasumber. Penel ini akan dimoderatori oleh Kepala BPSDM Kemendagri.

Panel III, yakni pembahasan Pembangunan Infrastruktur akan diisi oleh Menteri BPN/Bappenas, Menteri PUPR, Menhub, Menkominfo, dan Mendes PDTT selaku narasumber. Penel ini akan dimoderatori oleh Dirjen Bina Bangda Kemendagri.