Prediksi Indonesia U-19 vs Singapura U-19: Harus Pesta Gol!

Prediksi Indonesia U-19 vs Singapura U-19, Timnas U-19, Timnas U-19 Indonesia, Piala AFF U-19, Piala AFF U-19 2018

Jawapos.com – Tak sekadar menang, Timnas U-19 Indonesia wajib menceploskan banyak gol dalam laga kedua Piala AFF U-19 2018 melawan Singapura U-19, Selasa (3/7) malam WIB di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Jika bercermin pada hasil laga pertama lawan Laos, Minggu (1/7) malam WIB, banyak hal yang belum berjalan maksimal di Indonesia. Salah satu yang paling mencolok tentu saja masalah penyelesaian akhir yang tumpul.

Dari sekian banyak peluang yang mereka peroleh, Indonesia hanya mencetak sebiji gol saja ke gawang Laos yang dikawal Kitom Venvongsot. Melawan Singapura, Hanis Saghara cs dituntut bermain lebih baik, lebih tenang, tajam serta mencetak lebih banyak gol.

“Mudah-mudahan laga kedua tidak hanya menang, tetapi pemain-pemain kami bermain lebih baik kualitasnya. Baik itu pemahaman taktikal, baik itu dari kesiapan mental mereka,” ucap Indra Sjafri terkait laga melawan Singapura.

Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani harus bisa lebih tajam (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

Indra mengakui bahwa performa timnya pada laga lawan Laos memang belum memuaskan banyak pihak. Apalagi Indonesia hanya mampu mencetak satu gol. Oleh sebab itu, ia ingin pasukannya semakin matang dari pertandingan ke pertandingan lain.



“Perbaikan akan kami lakukan. Tapi jangan diharap satu hari perbaikan lalu besok bisa cetak banyak gol. Tetapi tanpa perbaikan juga bisa mencetak banyak gol. Sebab saya mensyukuri kualitas anak-anak. Mereka telah memainkan gim yang baik,” imbuhnya.

Mantan pelatih Bali United ini mengisyaratkan untuk melakukan rotasi pemain pada pertandingan lawan Singapura. Hanya saja tutup mulut soal sektor yang komposisinya akan disusun ulang.

Indra menjelaskan, masa istirahat per pertandingan yang sangat pendek membuatnya harus pintar-pintar untuk mengatur kebugaran pemain. “Sebab ini pertandingan yang panjang. Saya lebih senang memberikan kesempatan merata kepada pemain,” jelasnya.

Sementara itu, Singapura tumbang pada pertandingan pertama melawan Filipina dengan skor 1-2 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Minggu (1/7) malam WIB. Dua gol Filipina diborong Fidel Tacardon. Sementara gol Singapura dicetak Syahadat Masnawi.

“Kemarin striker kami bermain kurang tajam. Ada beberapa peluang yang gagal kami manfaatkan menjadi gol,” keluh pelatih Singapura, Robbie Johannes Servais soal kekalahan dari Filipina.

Singapura sebenarnya memiliki pemain yang cukup berpengalaman. Menurut laman resmi Federasi Sepak bola Singapura (FAS), ada lima pemain yang berasal dari kompetisi kasta tertinggi negara mereka, S-League.

Kelima pemain itu adalah Asraf Zahid (bek/Hougang United), Danish Irfan (bek/Geylang International FC), Nazhiim Harman (bek/Young Lions), Danial Syafiq (striker/Young Lions) dan Daniel Goh (striker/Hougang United).

“Kami memiliki pemain muda yang cukup berpengalaman. Mereka telah bermain secara reguler di masing-masing kompetisi. Kami harus lebih kreatif, disiplin dan bekerja keras di turnamen ini,” jabar Servais dalam laman resmi FAS.

Sementara itu, Indonesia dan Singapura hanya dua kali bersua di Piala AFF U-19. Kedua tim saling mengalahkan dalam dua pertemuan itu. Singapura menundukkan Indonesia 1-0 pada 2009. Indonesia membalas dengan menghajar Singapura 3-0 pada 2011.

Bagi Indra Sjafri, timnya harus mengungguli Singapura demi membayar harapan rakyat Indonesia untuk menjuarai ajang ini. “Saya berharap apa yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia, bisa juara lagi, ini akan bisa kami ulang,” tutupnya.

Rekor Pertemuan
08/11/2011 Singapura U-19 vs Indonesia U-19: 0-3
07/11/2009 Indonesia U-19 vs Singapura U-19: 0-1

Perkiraan Susunan Pemain
Indonesia U-19: 1-M. Riyandi, 2-Kadek Raditya Maheswara, 5-Nurhidayat Haji Haris (c), 11-Firza Andika, 20-Asnawi Mangkualam, 7-M. Lutfi Kamal Baharsyah, 17-Syahrian Abimanyu, 24-Todd Rivaldo Ferre, 8-Witan Sulaeman, 15-Saddil Ramdani, 19-Hanis Saghara
Pelatih: Indra Sjafri

Singapura U-19: 1-Nurshafiq Zaini, 2-Nazhiim Harman, 3-Akmal Azman, 4-Danish Irfan (c), 7-Nur Adam Abdullah, 8-Hamizan Hisham, 22-Timothy David Yeo, 10-Joel Chew, 9-Danial Syafiq Mustaffa, 20-Syahadat Masnawi, 17-Daniel Goh
Pelatih: Rob Servais

(saf/JPC)