Prank ! Tryout CPNS Rasa Give Away Tipu Ribuan Netizen di Instagram

KOTA MALANG – Sejak tadi pagi hingga malam ini sejumlah instagram story warganet tampak me-repost gambar laman akun @cpnsindonesia.id yang bertuliskan “Try Out CPNS Nasional 2019”. Gambar yang dibagikan 1 hari yang lalu itu mengajak warganet untuk ramai-ramai mendaftar try out Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) online massal yang bebas biaya atau gratis.

Dalam captionnya, admin menjelaskan persyaratan agar dapat terdaftar sebagai peserta. “1. Syarat pendaftaran follow akun @cpnsindonesia.id 2. Tag 3 teman kamu di komentar 3. Upload story di instagram kamu 4. Upload 3 syarat di www.infocpns.id,” tulis admin.

Untuk lebih meyakinkan admin juga menuliskan tanggal pelaksanaan tryout online bersama itu pada 29 Juni 2019, pukul 19.00 WIB – selesai dan dilakukan serentak lewat HP. “Kode try out didapat setelah menyelesaikan syarat pendaftaran , ajak teman2 mu agar lebih banyak yg mengikuti tryout yah. Tryout wajib memakai kode yang didapat dari pendaftaran, jika hasil tidak akan dikoreksi,” lanjut admin dalam caption.

Iming-iming ini sontak membuat sejumlah warganet tergiur dan melakukan apa yang tertulis di caption agar segera terdaftar sebagai peserta. Sejumlah warganet bahkan masuk ke laman web yang tertera di caption yakni infocpns.id. untuk registrasi peserta. Dalam website tersebut pengguna diarahkan untuk menyetor data diri seperti nama, asal, hingga asal universitas. Usai mengisi formulir online itu, pengguna mendapat kode yang ternyata antara pendaftar satu dan lain sama. Yakni 736WV-7JUY5-H896D.

Warganet akhirnya menaruh curiga dan banyak yang menuding bahwa ini adalah jebakan atau penipuan. Di twiter sendiri topik CPNS ini menjadi trending. Sebanyak 17 ribu tweet tentang hal ini berkicau di laman trending topics Indonesia.



“Data-datanya terlalu detail perlu asal wilayah, jurusan, asal kampus, instagram, sama nama. Hmm.. lumayan nih buat dijadiin duit itu data kalo dijual,” ujar akun @iRudisca.

Sementara akun lain @vensplatter menyebutbtry out CPNS sudah banyak di google store. “Banyak di google store or di toko buku. If They’re asking your private info for a free product, hen you are the product (jika mereka meminta data pribadimu untuk sebuah produk gratis, maka andalah produknya),” tulisnya dalam tweet.

Tanggapan lain malah bikin ngakak. Seperti akun @azizmalumaluin. “Try out CPNS kok modal Follow! Try out apa give away dude?!,” tulisnya. Jokes serupa juga diutarakan akun @pranandatantra. “Try out CPNS 2019, one of the best prank so far,” tulisnya.

Hingga berita ini diturunkan, instagram @cpnsindonesia.id masih ramai disambangi khususnya gambar repost tentang tryout ini. Setidaknya hingga pukul 20.36 ada 905.407 komentar dari warganet di gambar tersebut, diantaranya meminta klarifikasi atas kebenaran informasi ini. Duh kalau benar ini penipuan, sudah berapa banyak data yang masuk ya?

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting : Kholid Amrullah