Pramuka Menikah dengan Adat Bhinneka Tunggal Ika

Uniknya lagi, mahar atau mas kawinnya tidak biasa. Yaitu berupa tunas kelapa yang menjadi simbol Pramuka. Resepsi pernikahan Ichsan Arief Pratama dan Ita Kurnia digelar di Gedung KNPI Kota Tangerang, Minggu siang (26/11).

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault dan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menjadi saksi pernikahan dua anggota Pramuka tersebut. Kedua mempelai memang purna anggota Dewan Kerja. Ichsan adalah purna Dewan Kerja Nasional, sedangkan Ita adalah purna Dewan Kerja Cabang Kota Tangerang.

HAPPY: Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault (kiri) menjadi saksi pernikahan keduanya.
(Pramuka for JawaPos.com)

“Pernikahan Kak Ichsan dan Kak Ita ini keren. Yang keren, salah satu mas kawinnya adalah tunas kelapa. Kak Ichsan melafalkan ijab qabul dengan hanya satu tarikan nafas. Mantap!,” kata Adhyaksa Dault dalam keterangan tertulis, Senin (27/11).

Adat pernikahan Bhinneka Tunggal Ika biasa digunakan dalam pernikahan anggota Gerakan Pramuka dan purna anggota Dewan Kerja Nasional. Prosesi adat pernikahan Bhinneka Tunggal Ika ini juga disertai Upacara Pedang Pora. Para protokol Kwarnas Gerakan Pramuka mengawal kedua mempelai dengan tongkat pora.

Setelah itu, dilanjutkan dengan penyerahan bahtera dan cinderamata oleh Dewan Kerja Nasional kepada kedua mempelai. Kemudian, juga ada penyematan Tanda Penghargaan Wiratama oleh Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum, Kodrat Pramudho, kepada Ichsan Arief Pratama.

Pernikahan itu mengundang komentar anggota Pramuka lainnya serta warganet setelah Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault memposting foto pernikahan itu di akun instagramnya, @adhyaksadault.

“Mantap jiwaa,” tulis pemilik akun @monicayshn di kolom komentar postingan akun @adhyaksadault. “Heppy wedding kak ichsan, selamat yaaa 1thn yg lalu pernah sempat berbincang dengan kak ichsan di gedung kwarnas. Salam kak hehe,” tulis @sherinprd.91. “Smoga nanti kalau saya nikah. Kak @adhyaksadault bisa jadi saksi ijab kobul saya. Amin,” tulis @hidayatsyam619. (*)


(ika/JPC)