Posketan GPS Aktif, Warga Sanan Makin Sehat

KOTA MALANG – Pos Kesehatan Tempe Sanan Gerakan Pekerja Sehat atau yang disingkat dengan Posketan GPS membuat perilaku kerja IKM di Kelurahan Purwantoro yang dibina Puskesmas Cisadea berubah drastis.

Upaya preventif, promotif dan edukatif dari puskesmas ini memang memperhatikan berbagai seluk beluk pekerja di sentra IKM tempe dan kripik tempe, Sanan, Kota Malang.

“Seperti saat bekerja itu kita ajari juga, misalkan kalau orang yang selalu bekerja dengan membungkuk sekali-kali dia minimal setiap jam 10 atau jam 3 siang gitu harus melaksanakan gerakan peregangan,” urai Kepala Puskesmas Cisadea, Kustiningtyas SKL.

Upaya peregangan ini menurut Tyas adalah upaya mengurangi penyakit akibat kerja. “Kita ajari peregangan juga, jadi paling tidak, akan mengurangi penyakit akibat kerja, terus perilaku hidup sehat mereka juga meningkat, itu yang kelihatan,” paparnya

Selain upaya edukatif, Puskesmas Cisadea juga memberikan upaya preventif terhadap penyakit dengan program pemeriksaan kesehatan secara umum, seperti tensi, cek darah, dan lainnya.



“Bagi pekerja yang sakit ya jelas berobat, kemudian untuk pemeriksaan pemeriksaan laboratorium nanti insya Allah kita adakan di akhir tahun ini karena kita sudah punya alat nya untuk pemeriksaan gula, kolesterol, asam urat,” kata Dia.

Langkah tersebut menurut Tyas dilakukan dalam rangka pencegahan sejak dini penyakit tidak menular. “Jadi kita screening mereka nanti dengan pemeriksaan itu, ini dilakukan di 2 wilayah kelurahan yaitu Purwantoro dan kelurahan blimbing” tambahnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting : Fia