Porprov di Depan Mata, Kota Malang Siap Tempur

MALANG KOTA – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2019 sudah ada di depan mata. Untuk cabang olahraga (cabor) futsal, kick off Porprov bakal dimulai 2 Juli mendatang.

Pelatih Futsal Kota Malang Usa Laksono menyatakan, sejauh ini persiapan tim putra untuk Porprov sudah matang. ”Pasca libur Lebaran, sudah dua minggu ini tim kami berlatih,” ujar Usa, kemarin (24/6).

Beberapa materi latihan pun diberikan kepada pemain sebelum mereka berangkat ke venue pertandingan di Tuban pada akhir Juni ini. ”Pada minggu pertama kami latihan mengembalikan fisik mereka dulu,” kata Usa.

Sebab, sebelum program latihan dimulai, pemain sempat libur dalam waktu yang cukup lama. ”Saat ini kondisi fisik anak-anak juga sudah meningkat, minggu kedua kami baru latihan ke offen dan defense (menyerang dan bertahan), serta transisi keduanya,” kata Usa.

Yakni transisi menyerang ke bertahan, atau sebaliknya. Transisi ini menjadi perhatian serius Usa. Sebab, meski di pra-Porprov lalu tim futsal putra Kota Malang mencatatkan hasil yang gemilang, namun masih ada kebobolan. ”Dari catatan saya selama pra-Porprov lalu, memang transisi yang kurang baik,” kata karyawan Bank Jatim Kota Malang itu.



Dengan memperbaiki transisi ini, Usa melanjutkan, diharapkan tim akan lebih minim kebobolan. Pada Porprov kali ini, tim futsal putra Kota Malang bakal satu grup dengan tuan rumah Lamongan, Sampang, dan Kabupaten Blitar. Seperti diketahui, ada empat tuan rumah di Porprov tahun ini. Selain Lamongan, ada Tuban, Gresik, dan Bojonegoro.

Usa pun tidak ingin meremehkan ketiga lawan kali ini. ”Seperti Lamongan, kami masih buta kekuatan mereka. Karena mereka kan tuan rumah, tidak ikut di pra-Porprov,” kata dia.

Untuk Sampang, Usa melanjutkan, di pra-Porprov lalu ada di urutan tiga. Yang, cukup berat Kabupaten Blitar. ”Kami sering uji coba dengan mereka (tim futsal Kabupaten Blitar), meski kami menang mereka pasti belajar dari kekalahan yang lalu, itu kami waspadai,” pungkas Usa.

Pewarta : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Indra Mufarendra